Follow Us

Beda Dari Versi JK Rowling, Ini Dia Sosok Asli Nagini di Mitologi Jawa

None - Senin, 01 Oktober 2018 | 18:30
Wah! Ternyata  2 Artis Indonesia Ini Sempat Akan Dapatkan Peran Nagini
Business Insider

Wah! Ternyata 2 Artis Indonesia Ini Sempat Akan Dapatkan Peran Nagini

HAI-ONLINE.COM - Dalam trailer terbaru Fantastic Beast 2, muncul aktris Korea Selatan yang memerankan tokoh Nagini, makhluk mistik ular setengah manusia.

Lewat unggahan Twitternya, JK Rowling sang penulis kisah fiksi Harry Potter menerangkan bahwa Nagini merupakan karakter yang tercipta dari referensi makhluk mitologi naga asal Indonesia. "Naga merupakan makhluk mistik mirip ular dari mitologi Indonesia, oleh karena itu namanya Nagini. Mereka digambarkan sebagai makhluk bersayap setengah manusia, setengah ular," tulis Rowling dalam akun Twitter-nya, Rabu (26/9/2018). Emangnya, seperti apa sih Nagini dalam mitologi Indonesia, khususnya Jawa?

Baca Juga : Menguak Nagini Versi Harry Potter Lebih Dalam Dari Sisi Budaya Jawa"Dalam mitologi Jawa yang terekspresikan melalui boneka, kisah, maupun pertunjukan wayang, ada nama yang mirip dengan kata Nagini, yaitu Nagagini," ungkap Dr Darmoko, dosen Program Studi Jawa, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia kepada Kompas.com, Jumat (28/9/2018).

Pasangan dalam kisah pewayangan, Bima dan Nagagini.

Pasangan dalam kisah pewayangan, Bima dan Nagagini.

Darmoko menceritakan, Nagagini adalah dewi ular. Ia merupakan putri dewa ular bernama Hyang Antaboga yang mendiami bumi lapisan ke tujuh atau dikenal dengan Sapta Pratala. "Di dalam kisah wayang purwa Mahabharata, Hyang Antaboga berhasil menyelamatkan para Pandawa (Puntadewa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa) dalam sebuah pesta di tengah hutan dengan membuat terowongan dari Kahyangan Saptapratala sampai Balai Sigalagala dengan menyamar sebagai luwak (garangan) berwarna putih," kata Darmoko bercerita. "Setelah para Pandawa berada di Kahyangan Sapta Pratala, Nagagini dan Bima saling jatuh cinta, kemudian keduanya dikawinkan oleh Hyang Antaboga. Dari hasil perkawinan itu lahirlah Antareja". Dalam kisah pewayangan, Nagagini digambarkan seperti manusia biasa dengan paras cantik jelita. Hanya saja, karena ia memiliki darah keturunan ular, dalam keadaan tertentu ia dapat berubah jadi sosok ular menyeramkan, terutama saat sedang dalam kondisi dipenuhi amarah."Nagagini (wanita ular) memiliki karakter setia dan patuh kepada suami. Ia adalah dewi (anak dewa) nan cantik rupawan namun juga dapat berubah wujud jadi ular kalo terusik nafsu amarahnya. (Perubahan wujud) untuk melindungi diri dari gangguan siapa pun," terang Darmoko.Darmoko menilai, JK Rowling tampak nggak menguasai mitologi Indonesia, terutama Jawa dengan baik dalam upaya menampilkan sosok Nagini sebagai ular atau naga. "Untuk memahami dan menguasai ekspresi kebudayaan etnik di Indonesia diperlukan jelajah imajinasi yang kuat, kepekaan intuisi yang optimal, intelektualitas yang matang, dan pengadaan kode atau konvensi budaya untuk menjelajahi pemikiran sejarah (genealogi), mitos, tradisi dan konvensi, sehingga karya budaya dapat mencapai adiluhung (nilai budaya yang tinggi) dan edipeni (nilai keindahan yang agung)," katanya. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nagini Benar-benar Ular Setengah Manusia dari Indonesia, Ini Sosoknya"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest