Follow Us

Mau Lanjut Kuliah ke Luar Negeri? Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini

Dewi Rachmanita - Jumat, 21 September 2018 | 13:05
Lagi Cari Beasiswa buat Kuliah? Ikutan OSC 2018 Aja!

Lagi Cari Beasiswa buat Kuliah? Ikutan OSC 2018 Aja!

HAI-Online.com - Opsi kuliah ke luar negeri mungkin udah makin lazim di kalangan anak muda. Eits, tapi jangan asal aja sob mau kuliah ke luar negeri. Lo mesti benar-benar yakin dan perhatikan banyak hal.

Apa aja sih hal-hal yang perlu dipertimbangkan dulu saat mau kuliah ke luar negeri? HAI kasih tahu buat lo yang dikutip dari rilisan dari Ne Zealand Management Academies (NZMA)

1. Kejar sesuatu yang emang lo minati

Yap, nggak usah ikut-ikut teman lah. Ikuti kata hati, lo tuh minatnya bidang apa. Daripada lo nantinya malah kuliah ngak enjoy dan malah terasa terbebani selama belajar. Lo juga bisa ngobrol-ngobrol dengan orang tua atau guru BK, pun jasa konseling khusus kalau nggak tahu minat sebenarnya apa

2. Berpikiran terbuka

Mesti punya rencana dan tujuan yang jelas nih ke depan sebelum memutuskan kuliah ke luar negeri. Coba tanya sama diri sendiri, kira-kira lo bakal dapat apa aja? Plus minusnya apa saat lo pilih hal itu. Termasuk nih soal keterkaitan gelar lo dengan pekerjaan di masa depan

Baca Juga : Mau Dapet Beasiswa Kuliah Sinematografi di Institut Kesenian Jakarta?

3. Belajar melampaui kurikulum

Belajar nggak melulu di kelas kok. Coba deh kulik-kulik beragam hal dengan metode belajar lo sendiri.

Lo mesti pilih nih universitas juga yang program-programnya membekali lo dengan keterampilan dan pengetahuan berbasis industri. Jadi nggak cuma sekadar teori aja sob, diimbangi pula dengan praktik.

4. Tetap menjaga sudut pandang

Jangan terus-terusan terpuruk kalau lo sedih gagal dapat jurusan impian. Hal yang lo mesti lakukan adalah meluangkan waktu, evaluasi diri, dan mempertimbangkan alternatif lain. Coba cek-cek lagi jurusan lain yang kira-kira masih sesuai minat dan kemampuan lo bro.

5. Kepo soal universitas lebih dalam

Penting buat kepoin universitas lo lebih dalam. Contohnya kayak gelar apa yang bakal lo dapat, fasilitas, modul, kesempatan kerja, track record, sampai kesempatan penelitian ini dan itu.

Semoga bermanfaat. Sukses terus untuk kamu yang sekarang lagi mempersiapkan diri untuk kuliah di luar negeri

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular