Follow Us

Mengintip Kecanggihan Kursi Roda Seharga Rp 180 Juta Milik Atlet Asian Para Games

Bayu Galih Permana - Selasa, 11 September 2018 | 12:00
Atlet difabel Indonesia, Jaenal Aripin, seusai menjalani lomba pada test event Asian Para Games 2018, di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu (30/6/2018).
Bolasport.com

Atlet difabel Indonesia, Jaenal Aripin, seusai menjalani lomba pada test event Asian Para Games 2018, di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

HAI-Online.com - Turnamen olahraga untuk atlet-atlet difabel terbesar se-Asia, Asian Para Games 2018 bakalan segera digelar di Jakarta, tepatnya pada tanggal 6 sampai 13 Oktober 2018 mendatang.

Asian Para Games 2018 sendiri nantinya akan diikuti sekitar 3.000 orang atlet dari 42 negara di Asia, dan akan mempertandingkan 18 cabang olahraga, salah satunya balap kursi roda sob.

Pada cabor balap kursi roda, nantinya para atlet difabel ini akan saling beradu kecepatan menggunakan sebuah kursi roda khusus yang beda dari pada umumnya.

Kursi roda ini memiliki desain khusus untuk menyesuaikan kondisi fisik atlet, dan harga satu set kursi roda balap yang terdiri dari sasis, satu roda depan, dan dua roda belakang bisa mencapai Rp 180 juta.

Baca Juga : Yuk, Jadi Volunteer Asian Para Games 2018! Ini Dia Cara Daftarnya

Hal ini diungkapkan oleh salah satu atlet balap kursi roda, Doni Yulianto saat ditanya BolaSport mengenai harga satu set kursi roda balap yand dia gunakan di Stadion Sriwedari Solo, Kamis kemarin (6/9).

"Bannya saja Rp60 juta dan Rp20 juta. Belum frame-nya belum, kan Rp180 juta. Harganya segini karena ini masih diproduksi di luar negeri," terang Doni.

Dengan harga yang terbilang mahal, kursi roda balap ini dilengkapi sebuah stabilizer dengan fungsi membelokkan arah tunggangan para atlet secara otomatis ketika sedang melaju di tikungan lintasan.

Baca Juga : Asian Para Games 2018 Bentar Lagi Digelar, Kenali Lebih Dalam Yuk!

Kursi roda balap ini juga dilengkapi dengan stang yang digunakan untuk saat-saat darurat, serta speedometer khusus sebagai pencatat kecepatan waktu para atlet saat latihan.

Widih keren banget kursi roda balapnya ya sob!

Semoga aja nanti para atlet kebanggaan kita bisa memberikan yang terbaik dan menuai banyak prestasi buat Indonesia di Asian Para Games 2018, setuju? (*)

Source : BolaSport.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest