Follow Us

Ternyata 212 Pada Wiro Sableng Terinspirasi dari 007 Punya James Bond

Ricky Nugraha - Jumat, 31 Agustus 2018 | 20:37
Vino G Bastian sebagai Wiro Sableng
Lifelike Pictures

Vino G Bastian sebagai Wiro Sableng

HAI-online.com - Film Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 sudah bisa kalian saksikan mulai Kamis (30/8) kemarin.

Film ini diangkat dari novel silat Wiro Sableng buatan Bastian Tito, ayah kandung dari aktor Vino G Bastian.

Vino memerankan sendiri karakter buatan ayahnya ini yang terkenal dengan angka ikonik 212 yang ternyata terinspirasi dari agen rahasia fiktif James Bond.

Dilansir dari Kompas.com, Vino G Bastian pernah mengungkapkan hubungan antara penciptaan Wiro Sableng dan angka ikoniknya, 212, dengan agen rahasia Inggris James Bond atau 007.

Vino menyebut bahwa ayahnya menggemari cerita James Bond dan pernah ikut menerjemahkan novel seri James Bond, karya Ian Fleming, dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Vino mengatakan bahwa kisah James Bond mendatangkan ide bagi ayahnya untuk mencipta jagoan Indonesia yang memiliki angka ikonik.

BACA JUGA: DARI SOAL TAWURAN SAMPE BULLYING, INI JAWABAN SENIOR TENTANG SEGALA HAL YANG DITAKUTI JUNIOR DI SEKOLAH

Namun, merujuk ke penjelasan ayahnya, Vino memaparkan bahwa angka 007 merupakan kode agen rahasia saja bagi James Bond, sedangkan 212 milik Wiro Sableng bermakna lebih dalam.

Angka 1, kata Vino, melambangkan Tuhan, dan angka-angka 2 di kiri dan kanannya melambangkan ciptaan Tuhan.

Artinya, Tuhan itu hanya satu atau tunggal, sedangkan manusia dan ciptaan-ciptaan lain Tuhan memiliki dua sisi yang berbeda dan berpasangan, yaitu baik dan buruk, malam dan siang, perempuan dan laki-laki.

"Bapak saya jelasin, sama kayak di dunia persilatan, ada orang baik ada orang jahat, ada perempuan ada laki-laki," sambung Vino.

Kata Vino pula, jika dijumlahkan, angka-angka 2,1, dan 2 menjadi angka 5. Ayahnya mengaitkannya dengan, antara lain, lima sila dalam Pancasila.

Wah nggak nyangka yah kalau artinya 'dalem'.

By the way, kamu sudah nonton filmnya belom, nih?

Source : Kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest