Follow Us

Duh Minder sama Teman Sekelas yang Pinter Nih. Mesti Ngapain, Ya?

Dewi Rachmanita - Selasa, 04 September 2018 | 16:34
Ilustrasi siswa belajar
Kompas.com

Ilustrasi siswa belajar

HAI-Online.com - Salah satu permasalahan di sekolah adalah minder dengan teman sekelas yang punya nilai lebih bagus. Padahal kita udah belajar mati-matian dan beragam cara lain supaya dapat nilai bagus dan dongkrak rangking di kelas. Tapi, kok masih gini-gini aja ya dan malah nggak termotivasi?

Wah jangan minder sob! Setiap orang itu punya keahlian di bidangnya masing-masing kok. Menurut Roslina Verauli, psikolog anak dan remaja dalam bukunya Teenager 911 "Pertolongan Pertama pada Pergalauan dan Pergaulan", kita emang nggak bisa bro fokus pada banyak hal sekaligus. Kalau ingin fokus lulus dengan nilai baik, konsentrasi kita harus pada kegiatan belajar.

Tentuin dulu nih tujuannya itu adalah penguasaan materi atau subyek di sekolah. Kalau kita juga mikirin teman-teman lain yang lebih pintar, seketika kita bakal lebih banyak berpusat ke mereka yang belajar. Nah, jadi mulai sekarang fokus belajar aja deh! Pahami apa aja yang udah dikuasai dan belum serta analisis juga kenapa belum menguasai materi itu.

"Lari dari masalah dengan main internet justru bikin semakin jauh dari solusi dan buyar konsentrasinya," kata Roslina Verauli.

Nah, udah saatnya nih lebih belajar soal manajemen waktu untuk menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Biar waktu efisien, nih ada tips dari Roslina Verauli yang wajib lo ikuti.

1. Saat di kelas: fokus!

Yap biar nggak usah ulang-ulang materi lagi nantinya.

2. Gunakan alat bantu rekam dan bikin mind map

Buat yang punya masalah dalam mengingat pelajaran, coba izin ke guru untuk merekam suaranya atau suara sendiri saat belajar. Selain itu bikin juga mind map dan skema khusus serta penanda dengan highlight atau alat bantu lain dalam belajar.

Video-video dari internet juga sangat bisa membantu loh sebagai alat bantu belajar. Asal emang benar digunakan untuk belajar ya.

3. Pastikan belajar satu pelajaran tertentu dalam satu waktu

Jangan langsung belajar banyak hal dalam satu waktu ya, nanti malah bingung sendiri.

Nggak ada lagi deh kata minder, yang ada belajar maksimal mulai dari sekarang dan fokus!

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular