Follow Us

Gokil! China Gunakan Drone Berbentuk Burung untuk Mengawasi Warganya

Ricky Nugraha - Sabtu, 04 Agustus 2018 | 17:00
Gokil! China Gunakan Drone Berbentuk Burung untuk Mengawasi Warganya
www.scmp.com

HAI-Online.com - Menurut South China Morning Post, sebuah sumber mengatakan bahwa ada lebih dari 30 instansi pemerintah dan militer telah meluncurkan drone yang menyerupai burung dan perangkat sejenis di paling nggak 5 provinsi di Cina selama beberapa tahun terakhir.

Program ini kabarnya diberi nama "Dove" dan dijalankan oleh Song Bifeng, seorang profesor di Northwestern Polytechnical University di Xi'an.

Song dulunnya adalah seorang ilmuwan senior pada jet Chengdu J-20, jet tempur siluman generasi kelima pertama di Asia.

Drone berbentuk burung ini menirukan kepakkan sayap burung asli menggunakan sepasang alat yang digerakkan oleh motor listrik.

CEK JUGA NIH: Keren! Pertunjukan di Cina Pecahkan Rekor Dengan 1.374 Drone!

www.scmp.com

www.scmp.com

Setiap drone memiliki kamera HD, antena GPS, sistem kontrol penerbangan dan sambungan data menggunakan satelit.

Menurut Yang Wenqing, salah satu anggota tim Song, "Meski skalanya masih kecil, para peneliti percaya teknologi ini akan memiliki potensi bagus untuk penggunaan berskala besar di masa depan ... ada beberapa keuntungan yang didapat dari penggunaan drone di sektor militer dan sipil."

Sedangakan Timothy R. Heath, analis riset pertahanan internasional senior dari The RAND Corporation mengatakan bahwa, "Penggunaan drone burung di China ini membawa pengawasan pemerintah ke tingkat baru yang lebih menakutkan," tambahnya.

China juga diketahui menggunakan teknologi pengenalan wajah, kecerdasan buatan, kacamata pintar dan teknologi lainnya untuk memantau 1,4 miliar penduduknya dengan tujuan suatu saat mereka masing-masing akan diberi skor pribadi berdasarkan perilaku mereka.

Hmm..., ngeri juga tugas si Burung, nih....

Source : South China Morning Post

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest