Follow Us

Mirip di Indonesia, Prancis Melarang Pelajar Bawa Hape ke sekolah

Bayu Galih Permana - Jumat, 03 Agustus 2018 | 14:00
Ilustrasi menggunakan ponsel di sekolah
businessinsider.com

Ilustrasi menggunakan ponsel di sekolah

HAI-Online.com - Siapa di antara kalian yang dilarang buat ngebawa hape ke sekolah sob? Nah kalo ada, berarti nasib kalian sama kaya pelajar yang ada di Perancis.

Jadi, mulai bulan September nanti, para pelajar di Perancis diharuskan untuk meninggalkan ponsel mereka di rumah atau mematikannya ketika berada di lingkungan sekolah.

Larangan untuk membawa ponsel ini dikhususkan untuk sekolah yang muridnya berusia 3 sampai 15 tahun, sedangkan untuk umur 15 tahun ke atas, sekolah dibebaskan untuk menerapkan aturan ini atau nggak.

Namun, aturan untuk menggunakan gadget selama di sekolah ini nggak berlaku bagi murid berkebutuhan khusus, atau ketika para siswa sedang melakukan kegiatan ekstrakurikuler.

"Kita tahu, saat ini muncul fenomena yang menunjukkan ketergantungan orang-orang untuk menatap layar, penggunaan ponsel yang terlalu berlebihan..."

"Tugas utama kamu adalah melindungi anak-anak dan remaja. Itulah peran dasar pendidikan, dan undang-undang di sini mendukung hal tersebut, terang menteri pendidikan Perancis, Jean-Michael Blanquer kepada BFMTV.

CEK JUGA: Salut! Belum 20 Tahun, 6 Atlet Ini Wakili Indonesia di Asian Games

Sebuah penelitian dari Korea Selatan yang dilakukan pada remaja dengan kecanduan internet dan smartphone menunjukkan bahwa otak mereka memiliki tingkat neurotramsmitter tinggi yang memperlambat neuron, dan berkurangnya tingkat kontrol dan perhatian.

Studi lain oleh London School of Economics and Political Science menunjukkan bahwa melarang penggunaan ponsel di sekolah membuat peningkatan dalam nilai ujian para siswa.

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest