Follow Us

Mengenal 00000JAPAN, Wifi Gratis yang Aktif Saat Jepang Kena Bencana

- Kamis, 21 Juni 2018 | 16:37
Mengenal 00000JAPAN, Wifi Gratis yang Aktif Saat Jepang Kena Bencana

HAI-ONLINE.COM – Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang sering dilanda bencana alam, salah satunya adalah gempa bumi. Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 18 Juni 2018, wilayah Osaka dilanda gempa bumi dengan kekuatan 5,3 SR.

Saat terjadi bencana alam, jaringan komunikasi biasanya akan terganggu. Akhirnya, keadaan orang di tempat terjadinya bencana pun sulit diketahui.

Namun, hal itu sudah nggak berlaku lagi di Jepang. Negara ini punya cara unik untuk mengatasi permasalahan itu. Caranya, lewat wifi gratis.

00000JAPAN, si wifi penyelamat

Saat terjadi bencana alam, setiap operator seluler yang ada di Jepang akan berubah jadi WiFi terbuka. WiFi terbuka ini bisa digunakan oleh siapa saja. Cara menggunakannya juga mudah, warga Jepang cukup mencari titik WiFi terdekat.

Setelah itu, aktifkan mode WiFi yang ada di ponsel. Jika sudah, mereka bisa memilih sinyal 00000JAPAN. Dengan sinyal WiFi ini, orang yang ada di sekitar lokasi bencana bisa melakukan komunikasi dengan mudah.

Berawal dari gempa di Tohoku

Pada bulan Maret 2011, Kota Sendai terkena gempa bumi dengan kekuatan 9,1 SR yang disertai dengan tsunami.

Kota ini pun hancur dalam sekejap, korban jiwa pun berjatuhan. Bahkan, beberapa peralatan yang menggunakan nuklir pun hancur dan mencemari wilayah sekitarnya.

Saat itu, Kota Sendai benar-benar lumpuh total. Bahkan, sarana telekomunikasi pun nggak bisa digunakan.

Karena kejadian ini, muncullah ide untuk membuat WiFi terbuka yang bisa diakses setiap orang, saat terjadi bencana alam di Jepang.

Keren, ya! Semoga hal ini bisa ditiru oleh negara lain, seperti Indonesia. Jadi, kita bisa tahu keadaan orang di sekitar lokasi bencana dengan cepat.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "00000JAPAN, WiFi Gratis yang Aktif Saat Terjadi Bencana di Jepang"

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular