Follow Us

Budaya Pendukung Jepang di Piala Dunia: Bersihkan Stadion, Salut!

Fadli Adzani - Rabu, 20 Juni 2018 | 13:00
Suporter Jepang
Wikimedia Commons

Suporter Jepang

HAI-ONLINE.COM - Selain terkenal dengan budayanya yang sangat beragam dan kece, Jepang juga dikenal dengan masyarakatnya yang disiplin dan sangat cinta dengan kebersihan.

Hal itu baru-baru ini terbukti lagi di Piala Dunia 2018. Setelah negaranya berhasil mengalahkan Kolombia dengan skor 2-1.

Yap, kejadian serupa seperti 4 tahun lalu di Brasil terulang lagi. Para pendukung Jepang memilih untuk tinggal lebih lama di stadion membawa kantong kresek besar untuk memungut sampah-sampah yang mengotori stadion.

Hal ini pun mendapat simpati dari pendukung Kolombia. Walau negara mereka kalah, mereka tetap hormat dan simpati akan pendukung Jepang yang mau membersihkan kotoran-kotoran yang menyisa di stadion.

Sebenarnya, pendukung Jepang sudah melakukan hal yang sama pada Piala Dunia empat tahun silam. Kala itu, setelah pertandingan Jepang melawna Pantai Gading, mereka menetap dulu di stadion untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan.

Main Apik

Jepang bermain sangat disiplin dan apik. Alhasil, dari menit-menit awal, Jepang sudah mampu membahayakan gawang Kolombia.

Mantan gelandang Manchester United, Shinji Kagawa mencetak gol pertama Jepang lewat kotak penalti setelah salah seorang pemain Kolombia harus terkena kartu merah karena handball yang terlihat sangat disengaja.

Sebenarnya, Kolombia berhasil menyamakan kedudukan setelah free kick yang dilesakkan Juan Quintero tak mampu ditangkap kiper Jepang dengan sempurna.

Akan tetapi, striker Koln, Yuya Osako, mampu menyundul bola ke gawang Kolombia pad amenit ke-73 dan mencetak gol.

Kalau ngomongin masalah bersih-bersih setelah nonton bola di stadion saat Piala Dunia, para pendukung Senegal juga melakukannya setelah mereka menang atas Polandia.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest