Follow Us

5 Fakta dari Seperti Rahim Ibu, Single Terbaru Efek Rumah Kaca

Alvin Bahar - Senin, 28 Mei 2018 | 09:59
5 Fakta dari Seperti Rahim Ibu, Single Terbaru Efek Rumah Kaca

HAI-ONLINE.COM - Efek Rumah Kaca berkolaborasi dengan jurnalis Najwa Shihab dalam lagu “Seperti Rahim Ibu”. Lagu ini ditulis khusus untuk program Mata Najwa dan berdiri sendiri sebagai single.Ini adalah kali kedua Efek Rumah Kaca (ERK) merilis lagu yang berdiri sendiri setelah sebelumnya merilis single “Merdeka” pada bulan Agustus 2016.Mau tau fakta-fakta soal single ini? Cek di bawah ya!

1. Keinginan Efek Rumah Kaca

“Sejak awal punya cita-cita ingin memiliki original song yang cocok untuk menguatkan pesan. Setelah Mata Najwa muncul kembali setelah jeda, langsung ingin menggunakan lagu ERK,” tukas Najwa Shihab yang memang sudah lama menyimak lagu-lagu Efek Rumah Kaca.“Sejak dulu merasa musik ERK dan lirik-lirik yang ditulis mereka, memiliki kepedulian terhadap berbagai isu-isu penting di negeri ini. Dan Mata Najwa betul-betul merasa pesan-pesan yang disampaikan lewat lagu-lagu ERK memiliki resonansi yang sama dengan apa yang selama ini disuarakan Mata Najwa seperti kepedulian pada isu-isu korupsi, toleransi, soal cinta negeri, hak asasi manusia. Jadinya klop banget dan bangga Mata Najwa bisa mendapat lagu dari ERK,” lanjut Najwa yang menulis sendiri lirik “Seperti Rahim Ibu”.

Cek: Keren Banget, Ini Dia 5 Band Tribute Lokal yang Harus Kamu Kenal

2. Berbicara tentang kemanusiaan

Efek Rumah Kaca
HAI

Efek Rumah Kaca

“Seperti Rahim Ibu” berbicara mengenai kemanusiaan yang selalu jadi pesan utama pada program Mata Najwa.“Pesan apa yang ingin disampaikan dalam lagu ini adalah soal harapan dan bagaimana optimisme itu disemai. Berada di Rahim itu dimulai dari sel-sel yang kemudian menyatu. Yang tadinya rapuh jadi kuat,” ungkap Najwa.

3. Liriknya cocok

Efek Rumah Kaca
Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca

Sementara itu, menurut vokalis Cholil Mahmud “Seperti Rahim ibu” menggambarkan rahim yang bisa menghadirkan gagasan-gagasan baru yang dapat melahirkan kontribusi untuk bangsa ini.“Sewaktu mendapat liriknya dan kami coba nyanyikan, rasanya cocok. Cuma memang ada sedikit pilihan-pilihan kata saja yang mesti disesuaikan,” ujar Cholil yang membuat lagu ini di kota New York, domisilinya sekarang ini.“Pertama kali kirim materi kasarnya hanya petikan gitar saja karena nggak punya alat rekam di sana untuk buat demo yang lebih menunjang. Respon Najwa saat itu merasa versi petikan gitar lebih mengena,” ucap Cholil.

4. Ada merchandise-nya lho!

Efek Rumah Kaca
HAI

Efek Rumah Kaca

Merchandise “Seperti Rahim Ibu” akan diluncurkan perdana hari Sabtu, tanggal 26 Mei 2018 di Kios Ojo Keos, sebuah ruang bersama untuk publik dan komunitas, milik keluarga besar Efek Rumah Kaca yang mulai beroperasi awal bulan Mei 2018.

5. Jembatan menuju album keempat

Bagi Efek Rumah Kaca, proses mengerjakan lagu “Seperti Rahim Ibu” jadi proyek percontohan pembuatan lagu jarak jauh yang mungkin akan dapat diterapkan pada proses workshop untuk album keempat mereka yang kini baru sampai di tahap awal.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest