Follow Us

7 Kegiatan Seru yang Dilakukan Lulusan SMA Sambil Nunggu Kuliah

HAI Internship - Rabu, 23 Mei 2018 | 16:48
7 Kegiatan Seru yang Dilakukan Lulusan SMA Sambil Nunggu Kuliah

HAI-ONLINE.COM - Buat anak SMA yang baru lulus dan udah daftar kuliah sana-sini, pasti kalian masih punya banyak banget waktu kosong. Nah berikut 7 hal yang biasa dilakuin anak-anak SMA yang baru lulus selagi libur nunggu masuk kuliah. Ngaku aja. Kalian juga gini kan?1. Main GameSaat libur panjang seperti ini,banyak anak baru lulus SMA yang memilih main game untuk mengisi waktu kosongnya. Contohnya Farhan, dia menikmati waktu kosongnya buat main game.“Karena selama sekolah gua jarang main game, lebih banyak waktu di sekolah. Jadi pas lulus, banyak waktu di rumah trus bingung mau ngapain, mulai lah gua download-download game di HP atau beli kaset PS,” kata Farhan Gifari, dari SMK Paramitha 1 Jakarta.Farhan menjelaskan kegiatannya selama libur, dari bangun tidur langsung main game di HP, makan siang sambil menonton film di komputer, lalu sore dilanjutkan kembali main game. Enak banget ya hidupnya…2. Magang

Kalo kalian ingin merasakan dunia kerja sebelum kuliah, magang pilihan yang tepat. Kelebihan dari magang selain bisa mencoba suasana kerja, kalian juga belajar ilmu baru seputar bidang pekerjaan yang kalian pilih untuk magang. “Karena waktu itu gue nggak dapet duit jajan, tapi gue mau beli apa yang gue pengen. Makanya gue magang. Gue dapet pengalaman ngerasain dunia kerja, dapet temen-temen baru yang umurnya beda bahkan banyak yang jauh lebih tua, dapet relasi dari kantor-kantor lain, dan pastinya dapet duit hehe,” kata Michael Virano yang baru lulus dari SMK Rex Mundi Jakarta, dan kini magang di perusahaan travel.

Cek: Unik! Di Australia Ada Donat Indomie Goreng! Rasanya Gimana Tuh?

3. Part TimePart Time ini kurang lebih sama kayak magang, bedanya jam kerjanya yang nggak full seperti magang. Kalo kalian mau mengisi waktu libur untuk main tapi pengen kerja juga, kalian bisa memilih part time.“Karena gue orangnya nggak suka kegabutan jadi gua milih buat cari kerja kecil-kecilan. Gue nggak mau tiap hari terus-terusan di rumah nganggur,” ucap Valencia, SMAN 81 Jakarta.

4. Jalan-jalanMungkin bagi kalian istilah ‘jalan-jalan’ itu selalu diibaratkan dengan memboroskan uang dan belanja dari Sabang sampai Melbourne. Apalagi yang sudah keterima kuliah tapi masih nungguin temen-temennya (yang kaya) buat dapet kuliah. Tapi, tau nggak sih kita tuh bisa juga travelling ke tempat-tempat yang mengasyikan dengan uang bekas tabungan uang jajan seminggu? “Nggak ada alasan khusus sih sebenernya buat liburan tapi emang menjadi suatu kebutuhan aja kalo travelling hahaha. Terlebih lagi, gue abis menghadapi rentetan ujian dan belajar non-stop. Dari mulai Uprak, US, UNBK, sampai yang paling horor yaitu SBMPTN. Jadi, ya, gue butuh banget travelling untuk meluapkan tekanan sementara,” sebut Andini Zanira, SMAN 81 Jakarta.Bagi Dini, mahal atau nggaknya perjalanan bukan yang utama. Yang lebih dicari justru adalah pengalamannya, misalnya: tidur di tenda, tawar-menawar sama pedagang lokal, juga bawa makanan sendiri dari rumah. Walaupun hemat, tapi asyik kan?“Banyak banget moment yang gua gabisa lupain... bahkan semuanya! hahaha. Trip kali ini seru banget,” papar kata cewek yang hobi travelling ini.

5. Ngejar jalur mandiriSetelah kesel karena ngerjain soal SBMPTN yang lebih susah daripada ternak buaya, pasti masih banyak nih yang gatel pengen nyobain semua ujian mandiri PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Tapi apa nggak stress tuh, belajar melulu? Apa sih tipsnya buat tenang waktu ngerjain soal nanti? Kita bisa liat nih, nasihat temen-temen kita yang masih berjuang untuk dapet perguruan tinggi yang dia mau. “Tips gue buat belajar untuk semua ujian masuk kuliah tuh kita harus tau tipe belajar kita kayak gimana. Gue tipe orang yang harus belajar dengan berisik jadi itu sangat efektif siih menurut gue,jadi di sesuaiin aja sama cara belajar lo efektifnya kayak gimana. Kita juga harus inget usaha keras kita nggak akan sia-sia nanti,” kata Tesalonika, SMAK 7 Penabur.Tesalonika sudah ikut SIMAK UI dan menurut dia pelajaran yang paling susah di ujian masuk kuliah itu matematika dasar, gimana guys, setuju nggak sama Tesa? 6. Ikut kursus / balikin hobi yang udah lama ditinggalin

Gara-gara ujian dan kawan-kawannya yang mendampingi, pasti susah kan buat tetep keep up dengan hobi-hobi yang ‘maunya’ kamu lakuin setiap minggu tapi pada akhirnya gadilakuin sama sekali? Yuk, kita liat nih temen kita yang sudah punya rencana untuk menjadikan liburan ini lebih produktif!“Dulu aku suka banget reading some books, design, dan jualan! Rasanya seneng banget karena akhirnya bisa ngeluangin waktu untuk diri sendiri dan ngerjain apa yang kita suka apalagi udah hampir setahun ninggalin hobi-hobi tersebut demi belajar ngejar kuliah,” menurut Kania Naffarindra, SMAN 81 Jakarta. Kania juga bilang kalau dia selalu ingin cari inspirasi baru setiap hari, mau itu jalan-jalan atau membaca buku. supaya tetep bisa mengasah skill & ngelanjutin hobi masing-masing. “Nih advice aku buat temen-temen yang bingung liburan mau ngapain, time is free but time is priceless. you can't own it but you use it. you can't keep it but you can spend it. so spend it wisely guys! emang sih enak banget tidur-tiduran di kasur selama seharian, cuma percaya deh, ujung-ujungnya ada rasa guilty ‘kenapa ya gue nggak ngelakuin sesuatu yang gue suka?’ mending ngasah skill atau cari pengalaman baru,” kata cewek yang menlanjutkan kuliah di Prasetya Mulya ini. 7. Streaming film non-stopKalian pasti punya deh film-film atau series favorit kalian yang udah kalian tinggalin demi belajar buat ujian. Tapi, gimana sih rasanya kalau liburan dipakai buat non-stop streaming film dan series? Apa aja yang bisa dilakuin biar tetep bisa nemu film-film dan series baru kalau lagi bosen? Ini nih pendapat temen kita. “Streaming film pas liburan itu asik banget. Karena dari yang sebelumnya biasanya sibuk mikirin sekolah dan mau nyentuh laptop aja bimbang antara milih nonton series atau beljar jadi gaperlu lagi; langsung aja nonton hahaha. Bebas pula mau sampe kapan karna gaada hambatan,” sebut Verica Sofie, SMAN 81 JakartaVerica juga bilang kalau dia lebih suka film-film yang ber-genre romantic comedy sama fiction. Kata Verica, itu genre-genre film yang paling nggak bosenin! “Kalo mau hunting film atau series yang bagus, misalnya kita lagi streaming, terus milih dikolom series, yaudah scrolling aja sambil liat sinopsis satu satu nanti juga ketauan menarik atau ngganya haha, biasanya sih juga suka liat dipinterest, “series recommended” atau surfing internet kalo beruntung, pasti nemu yg sesuai selera,” kata cewek penggemar How I Met Your Mother ini.Dari ke 7 hal di atas,hal apa yang paling kalian suka untuk dilakuin sebelum masuk kuliah?

Penulis: Revinka Aiko dan Sebastian Sormin

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular