Follow Us

7 Nama Band Ini Ternyata Terinspirasi Dari Nama Seseorang Lho!

Alvin Bahar - Minggu, 20 Mei 2018 | 13:15
7 Nama Band Ini Ternyata Terinspirasi Dari Nama Seseorang  Lho!

HAI-ONLINE.COM - Coba deh kamu cari tau asal usul dari nama-nama band favorit kamu, salah satu jawabannya mungkin bakalan bikin kamu terkejut. Perihal nama band mungkin akan jadi salah satu bahasan yang selalu menarik buat disimak. Nggak hanya dari asal usul namanya aja, tapi juga dari filosofi, hingga inspirasi pencetusnya.

Salah satu band pop punk terbesar di Indonesia, Endank Soekamti jadi buktinya. Dulu mungkin orang akan ngerasa aneh ada nama sebuah band punk yang namanya justru identik dengan nama perempuan jawa. Asal usulnya pun cukup unik, karena nama ini ternyata berasal dari dua nama orang yang punya sifat berlawanan. Nama Endang diambil dari salah satu mantan pacar eks personelnya, Ari, yang cantik, dan Sukamti dari nama guru SMA mereka yang terkenal galak.

Perpaduan nama keduanya yang punya filosofi Yin Yang, atau baik dan buruk, ternyata justru bawa hoki buat band asli Jogja ini. Endank Soekamti bukan satu-satunya band yang hoki karena menggunakan nama orang sebagai nama bandnya. Tercatat ada beberapa band luar yang juga punya ‘hoki’ sama setelah menggunakan nama orang sebagai inspirasi nama bandnya, ini adalah beberapa di antaranya:

(BACA JUGA: 5 Video Klip yang Dituduh Jiplak Video Lain Karena Mirip Banget)

Pink Floyd

Sebelum punya nama Pink Floyd, band ini punya nama yang cukup unik, The Tea Set. Sampe akhirnya pada suatu kali ketika mau manggung, band ini nemuin band yang punya nama sama. Nggak kehilangan akal, salah satu personelnya, Syd Barret kemudian menggabungkan nama dua musisi blues favoritnya Pink Anderson dan Floyd Council jadi nama bandnya. Awalnya mereka menggunakan nama The Pink Floyd Sound, sebelum akhirnya menyingkatnya jadi Pink Floyd aja.

Lynyrd Sknyrd

Hampir sama dengan Endank Soekamti, Lynyrd Sknyrd ternyata juga menggunakan nama salah seorang gurunya sebagai inspirasi nama band. Adalah seorang guru semasa SMA bernama Leonard Sknyrd yang jadi inspirasinya. Pak Sknyrd ini dulunya sering bawa para personel band ini ke Kantor Kepala Sekolah karena rambut mereka yang kelewat gondrong.

Creedence Clearwater Revival

Halaman Selanjutnya

1 2 3

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest