Follow Us

Kini, Kamu Bisa Download Semua Datamu yang Pernah Terunggah ke Instagram

Fadli Adzani - Rabu, 25 April 2018 | 04:00
Instagram
Fadli Adzani

Instagram

HAI-ONLINE.COM - Sekitar dua minggu yang lalu, Instagram menjanjikan kepada para penggunanya sebuah fitur bernama "Data Download", di mana kamu bisa men-download seluruh konten yang pernah kamu unggah ke platform itu.

Sekarang, fitur terbaru dari Instagram itu sudah bisa diakses via web. Konten-konten yang dapat diundah dari akun Instagram mereka adalah foto, video, stories yang diarsipkan, profil, info, komentar, pesan pribadi, likes, serta nama followers dan following.

CEK JUGA: Kini, Mohamed Salah Lebih Tajam dari Ronaldo dan Messi, Ini Buktinya!

“Tool Data Download tersedia untuk semua orang via web, tetapi akses via iOS dan Android masih diproses,” kata juru bicara Instagram. Waktu pengunduhan sendiri bisa berjam-jam hingga berhari-hari, tergantung banyaknya foto dan video yang hendak disimpan.

Lalu, gimana, sih, caranya kita menggunakan fitur itu?

Kamu tinggal masuk ke browser di komputer atau smartphone kamu, lalu masuk ke www.Instagram.com dan log in ke akun Instagram kamu.

Pilihlah ikon gear atau setting untuk mengakses "Privacy and Security", scroll ke bawah sampai kamu menemukan Data Download dan pilihlah Request Download.

Di situ, kamu bakal diminta e-mail untuk menerima data-data yang bakal dikirimkan oleh pihak Instagram.

Untuk mendapatkan data-data yang di-download itu, Instagram membutuhkan waktu maksimal 2 hari setelah permintaan kamu lakukan.

Fitur atau tool seperti ini tentunya sangat berguna, kamu jadi bisa tau seberapa banyak data yang kamu serahkan ke layanan media sosial. Apalagi, kita jadi parno setelah mendengar insiden 87 juta data pengguna Facebook dunia yang dicolong.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengguna Instagram Resmi Bisa "Download" Data Mereka, Bagaimana Caranya?"

Penulis : Fatimah Kartini Bohang Editor : Reza Wahyudi

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular