Follow Us

Terungkap! Ini Sejarah Awal Mula Nomor Punggung di Jersey Sepak Bola

- Selasa, 24 April 2018 | 09:00
Terungkap! Ini Awal Mula Penggunaan Nomor Punggung
Hai Online

Terungkap! Ini Awal Mula Penggunaan Nomor Punggung

HAI-Online.com - Ngoleksi jersey klub sepak bola tertentu adalah satu dari sekian cara buat dukung klub idola. Apalagi kalo jerseynya ada nama dan nomor punggung pemain idola. Pake jersey nomor 7 kayak Cristiano Ronaldo atau nomor 10 kayak Lionel Messi, bakal bangga banget pakenya! Padahal, mah, mainnya cupu. Hehehe..

Ngomongin nomor punggung sepak bola, tahu nggak, sih, kalo dulu nomor punggung di sepak bola dipakai biar posisi para pemain bisa diurutin. Misalnya, kiper nomor 1 dan pemain lini serang pakai nomor 9, 10, 11. Sedangkan pemain cadangan pakai nomor urut 12 dan seterusnya. Anehnya, nomor 13 selalu dihindari para pemain, karena dipercaya membawa sial.

UDAH TAU BELUM? 5 Bintang Sepak Bola Ini punya Pekerjaan Unik Setelah Pensiun

Tradisi itu akhirnya berganti. Para pemain bebas menggunakan nomor berapa pun sesuai yang doi mau. Kayak Cristiano Ronaldo waktu pindah ke Real Madrid. Setelah Raul Gonzalez pindah, Ronaldo minta izin buat pakai nomor punggung 7. Soalnya nomor 7 udah jadi ciri khas Ronaldo.

Nggak cuma sepakbola, tim olahraga bisbol juga pakai nomor punggung dengan tujuan yang sama awalnya. Tim pertama yang pakai nomor punggung adalah tim kecil di Reading, Pennsylvania tahun 1907.

Sembilan tahun kemudian, Indian Cleveland mengenakan nomor punggung untuk pertama kalinya. The Philadelphia Athletics adalah tim terakhir yang sepenuhnya menggunakan angka. Mereka tidak memakainya untuk pertandingan kandang hingga 1937.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular