Follow Us

Cave Diving: Olahraga Gokil Menelusuri Goa di Bawah Laut

Alvin Bahar - Jumat, 20 April 2018 | 05:15
Cave Diving
Alvin Bahar

Cave Diving

HAI-ONLINE.COM - Olahraga ekstrim ini memang nggak bakalan mengeluarkan keringat banyak. Karena medianya hanyalah air. Tapi, setiap atlitnya nggak boleh menganggap remeh resikonya karena mereka harus bertarung dengan kedalaman goa hingga 100-150 kaki ke dasar laut.

Bahayanya jelas sangat besar karena siapa yang tahu medan di dasar laut. Apalagi, di goa-goa dasar nggak ada kehidupan lantaran cahaya matahari enggan menembus kedalaman seperti itu. So, persiapan buat cave diving nggak sesederhana diving-diving pada umumnya.

Cek: Benar Nggak Sih Kalo Lagi Flu Dilarang Olahraga?

Ada lima hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan olahraga mematikan ini. Antara lain level latihan, guide line, batas kedalaman, manajemen oksigen hingga penerangan. Nggak cuma itu, peralatan seorang cave diver melingkupi twin cylinder rigs, side-mount harnesses, tabung oksigen, sling cylinders, rebreathers dan serta fins.

Seperti olahraga-olahraga ekstrim lainnya, cave diving nggak punya kompetisi massal. Namun beberapa pemecahan rekor pernah dilakukan seperti yang dicetak oleh Nuno Gomes yang mampu menyelam hingga kedalaman 318,25 meter pada World's Deepest Open Circuit Scuba Record, 2005 lalu.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest