Follow Us

Ini 5 Cara untuk Peduli Lingkungan dari Miss Earth Indonesia 2017

- Jumat, 20 April 2018 | 11:30
Kantong plastik Avani Eco
Hai Online

Kantong plastik Avani Eco

HAI-Online.com - Sebagai generasi muda yang punya banyak energi dan ke depannya bakal jadi penentu dunia, kita tentu harus sudah mulai peduli soal lingkungan nih. Banyak cara juga loh yang bisa kita lakukan biar jadi generasi muda yang peduli lingkungan. Michelle Victoria Alriani, Miss Earth Indonesia 2017 kasih nih langkah-langkahnya.

Kalo selama di sekolah kita pasti dikasih tahu kan soal kegiatan 3R, yaitu Reuse, Reduse, dan Recycle. Nah, menurut Mischelle sekarang kita sebagai generasi muda harus menambah dua R lagi nih bro, yakni Rethink dan Respect.

1. Rethink

Yuk saatnya berpikir lebih dulu sebelum bertindak. Contohnya nih, dalam produk yang mau lo beli ada nggak eco-label yang tertera. Mulai sekarang coba perhatiin ya bro barang-barang itu, kalau ada yang lebih ramah lingkungan kenapa nggak? Selain itu, menurut Mischelle sebagai generasi muda harus juga nih pikir lagi dalam sebelum beli barang, apakah memang butuh atau sekadar keinginan semata.

CEK JUGA NIH: Seru! Ini Dia Cara Peduli Lingkungan Lewat Kompetisi Video

2. Reuse

Sesuai artinya, gencarkan lagi deh sob untuk menggunakan kembali sampah atau barang yang udah nggak digunakan dengan nilai fungsi yang masih sama atau fungsi lain. Contohnya nih sederhana banget kalau mau beli atau belanja barang jangan lupa membawa tote bag sendiri ketimbang kantong plastik dari toko. Selain itu, bisa juga menulis di sisi kertas lainnya yang masih kosong.

3. Reduse

Mengurangi pemakaian barang yang dapat mengakibatkan sampah. Selain itu juga kurangi belanja barang-barang yang nggak terlalu diperlukan. Contohnya nih, kirim surat lewat e-mail dan pakai barang yang isinya bisa diisi ulang.

4. Recycle

Kegiatan mengolah kembali sampah atau daur ulang jadi barang baru yang bermanfaat serta bereknomi tinggi bisa mengasah kreatifias lo loh. Contohnya pengeloaan sampah organik menjadi pupuk kompos dan menjadikan botol minum plastik menjadi wadah alat tulis atau pot bunga.

5. Respect

Mischelle bilang juga kalau sudah saatnya kita respect terhadap lingkungan. Perlu adanya pemahaman soal tanggung jawab dari apa yang kita lakukan, termasuk dengan sampah yang kita hasilkan. Kita harus udah mesti mikir nih mau dibawa ke mana sampah kita? Tentu harus dibuang pada tempatnya, memilah sampah, atau mengubahnya jadi barang dengan ekonomi yang lebih tinggi.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest