Follow Us

Awas, Kelamaan Duduk Bisa Bikin Kamu Bodoh!

Alvin Bahar - Selasa, 17 April 2018 | 13:15
Kamu Jomblo? Mulai Sekarang Coba Duduk Ngangkang Deh
Alvin Bahar

Kamu Jomblo? Mulai Sekarang Coba Duduk Ngangkang Deh

HAI-ONLINE.COM - Hasil penelitian terbaru menyatakan bahwa terlalu lama duduk dalam sehari – baik di depan komputer ataupun menonton televisi – bisa membuat kita bodoh.

Para peneliti menemukan fakta bahwa mereka yang menjalani gaya hidup sedentari, memiliki wilayah otak yang lebih kecil. Bagian tersebut diketahui penting dalam membentuk ingatan.

Studi yang dilakukan para peneliti dari University of California ini menambah daftar bahaya duduk terlalu lama.

Alzheimer

Sebelumnya, bukti menunjukkan bahwa kebiasaan buruk tersebut berisiko menyebabkan penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, dan kematian dini.

Namun, dalam penelitian terbaru yang dilakukan pada 35 partisipan, diketahui bahwa duduk terlalu lama bahkan bisa meningkatkan risiko demensia.

Mereka yang menerapkan gaya hidup “pemalas” memiliki gray matter (jaringan penghubung abu-abu) yang lebih sedikit pada lobus temporal medial. Penurunan kualitas di wilayah otak ini dikaitkan sebagai tanda awal penyakit Alzheimer pada orang-orang lanjut usia.

Studi yang dipublikasikan pada jurnal PLOS ONE ini memberikan pertanyaan kepada partisipan berusia 45 hingga 75 tahun mengenai kebiasaan olahraga mereka.

Setiap partisipan lalu melakukan pindai MRI untuk melihat lebih jauh lobus temporal medial – area di otak yang terlibat dalam pembentukan memori baru.

Dipimpin oleh dr. Prabha Siddarth, ahli biostatistik, penelitian ini menemukan fakta bahwa partisipan yang menjalani gaya hidup sedentari, lobus temporal medialnya lebih tipis.

“Penipisan area tersebut berkaitan dengan penurunan kognitif pada orang dewasa dan paruh baya,” katanya.

Penelitian lebih lanjut

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest