Follow Us

Menurut Penelitian, Orang Ganteng dan Cantik Cenderung Mengganggap Hidup Ini Sudah Adil

Rizki Ramadan - Selasa, 10 April 2018 | 05:45
Sekelompok anak muda sedang bermain
Rizki Ramadan

Sekelompok anak muda sedang bermain

HAI-online.com - Jika lo sering mendengar teman mengeluh "Hidup ini nggak adil!" coba inget-inget lagi tampangnya. Pasalnya, menurut sebuah penelitian, orang-orang yang punya tampang cakep cenderung percaya kalau hidup ini sudah berjalan dengan adil.

Penelitian tersebut melibatkan 395 mahasiswa. Tujuan utama penelitiannya adalah untuk menguji kaitan antara daya tarik fisik dan apa yang mereka percaya di dunia, yakni keyakinan tentang apa yang berhak mereka dapatkan.

Mereka yang cakep percaya dengan pernyataan "Saya merasa orang-orang mendapatkan apa yang mereka berhak dapatkan," dan "saya merasa orang-orang yang nggak beruntung adalah akibat kesalahan mereka sendiri".

"Penelitian ini adalah tentang stereotipe daya tarik, di mana manusia cenderung mengaitkan sifat positif pada orang yang berparas menawan dan sifat negatif pada orang yang kurang menarik," kata R.Shane Westfall, mahasiswa doktoral di Universitas Nevada yang melakukan studi ini.

Menurut Westfall, mereka yang berpenampilan menarik cenderung menerima perlakuan yang lebih baik sepanjang hidup mereka.

Kesimpulannya, orang yang sudah mendapatkan hak istimewa, dalam hal ini adalah berpenampilan menarik, percaya dengan konsep keadilan.

Satu hal yang perlu kita sadari adalah bahwa penelitian ini dilakukan di Amerika Serikta. Hasilnya belum tentu sama dengan negara lain.

Well, baca berita ini HAI jadi inget lagu dari band indie Jakarta, Bite, yang berjudul "Semua Suka Wanita Cantik."

Salah satu potongan liriknya adalah...

Mudah berkata citra natural jika semua terlahir menarik Hanya ternyata jika kau jujur semua suka wanita cantik

Coba kaitkan dengan teori dari penelitian di atas. Semua suka orang yang berpenampilan menarik, semua orang yang menarik lebih mendapatkan perlakuan yang baik(?) Gimana menurut lo?

Source : kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest