Follow Us

Cari Beasiswa untuk Kuliah? Ini Dia Beasiswa dari Berbagai Kementerian yang Bisa Dicoba

- Kamis, 05 April 2018 | 09:00
Ilustrasi perayaan lulus kuliah, yang lebih asik kalo barengan sama teman seangkatan.
Hai Online

Ilustrasi perayaan lulus kuliah, yang lebih asik kalo barengan sama teman seangkatan.

HAI-Online.com - Banyak cara loh bro yang bisa dilakukan untuk terus lanjut kuliah meskipun finansial kurang memadai. Berbagai lembaga atau kementerian negara memiliki banyak program yang bisa lo ikuti.

Dilansir dari Indonesia Baik, seenggaknya ada tiga kementerian nih yang menyediakan banyak beasiswa buat lo di berbagai jenjang.

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Kementerian ini punya empat program beasiswa, yaitu Beasiswa Unggulan, Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Unggulan 3T, dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud (hanya untuk kalangan pegawai Kemendikbud). Untuk mekanisme dan beragam informasi terkait beasiswa-beasiswa ini, lo bisa langsung kunjungi situs resminya nih di http://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id

2. Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti)

Kementerian ini punya dua program beasiswa bro, yaitu Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi dan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA).

Untuk Beasiswa Pendidikan Bidikmisi tahun 2018 ada beberapa langkah yang perlu lo ikuti nih bro. Pertama, daftar dan pelajari dulu prosedurnya di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id . Setelah persyaratan sudah lo penuhi, bakal dapat Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Kalau nggak lolos saat SNMPTN, lo bisa menggunakan KAP dan PIN itu untuk daftar SBMPTN juga. Sedangkan kalau lulus SNMPTN, tapi ingin daftar SBMPTN lo perlu KAP dan PIN baru bro.

Selesai mendaftar SBMPTN, nantinya lo bisa menggunakan KAP dan PIN itu buat memperoleh slip pembayaran untuk membayar biaya seleksi SBMPTN.

Nah, untuk Beasiswa PPA sendiri memang diperuntukkan buat mahasiswa berprestasi tinggi, baik secara kurikuler atau ekstrakurikuler. Selain itu nggak sedang menerima beasiswa dari pihak lain. Syaratnya sendiri terdiri dari berkas-berkas administrasi dan terkait persyaratan akademik serta prestasi, seperti IPK minimal 3,0, dan lain-lain. Info lengkap bisa langsung hubungi pihak kampus juga sob supaya lebih jelas.

3. Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

Kementerian ini punya beasiswa unggulan nih, yakni beasiswa dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). Informasi lengkap soal beasiswa ini bisa lo cek di http://lpdp.kemenkeu.go.id . Program beasiswanya pun beragam, seperti Beasiswa Magister Doktor, Besiswa Afirmasi, Beasiswa Dokter Spesialis, Beasiswa Lanjutan, dan Beasiswa Tesis Disertasi. Perguruan Tinggi juga bisa lo pilih di dalam atau luar negeri.

Selain beasiswa-beasiswa dari berbagai kementerian itu, tentu masih banyak bro beasiswa lain yang patut lo coba. Sebelum daftar, jangan lupa pahami ya segala persyaratan beasiswa tersebut. Good luck!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest