Follow Us

Ada Apa Dengan Rendang Crispy Hingga Bikin Empat Negara Bersatu Menentangnya?

Rizki Ramadan - Rabu, 04 April 2018 | 05:45
Ilustrasi masalah rendang crispy karena pernyataan Gregg Wallace
Rizki Ramadan

Ilustrasi masalah rendang crispy karena pernyataan Gregg Wallace

HAI-online.com - Sejak kemarin, para keyboard warrior ramai membicarakan rendang. Bukan mereka yang dari Indonesia saja, tetapi juga netizen dari Brunei, Malaysia, dan Singapura

Ada apa, sih, sebenarnya?

Semua ini bermula dari pendapat juri MasterChef United Kingdom, Gregg Wallace. Menurutnya, rendang ayam itu harus dilapisi kulit yang garing alias crispy. Yap, semua rendan, menurutnya, harus jadi rendang crispy.

Karena penduduk Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei akrab banget sama rendang, pendapat Gregg pun disangkal mentah-mentah

"Sebagai orang Malaysia untuk lebih dari 22 tahun, baru pertama kali saya dengar rendang ayam harus punya kulit garing. Siapa pula di dunia ini yang makan rendang dengan kulit garing," kata netizen Malaysia, Wayne Lee berkomentar di akun Twitter salah satu juri MasterChef UK, John Torode, dikutip Kompas.com

Yang bikin isu ini semakin panas adalah karena John Torode nggak minta maaf tuh atas pernyataan juri di MasterChef UK. Doi malah bilang bahwa rendang itu bukan dari Malaysia.

"Mungkin rendang itu aslinya dari Indonesia!! Aku suka ini!! Luar biasa bagaimana kalian semua bersemangat.. Namaste," tulis Torode.

Netizen Indonesia juga turut berkomentar. Salah satunya adalah Fitrani Puspitasari yang berpendapat bahwa Indonesia juga nggak pernah makan rendang garing.

"Jadi juri UK yang mengeliminasi kontestan Malaysia karena masak rendang ayam yang tidak garing diolok-olok orang Malaysia di Twitter. Namun ia justru membela diri dengan bilang rendang dari Indonesia. Tahu tidak, orang Indonesia juga tidak makan rendang garing!! Kami juga tidak bilang namaste, itu di India," tulis Fitrani.

Puncaknya adalah ketika Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Seri Anifah memberi selamat ke Zaleha, kontestan Malaysia yang dielminasi di MasterChef UK

"Anda telah berhasil dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh sebagian besar politisi kita, yaitu menyatukan para ahli makanan di saat-saat yang paling memecah belah," kata Datuk Seri Anifah.

Gimana menurut lo?

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest