Follow Us

Curhatan Kelas XII Tentang Banyaknya Try Out Yang Sudah Mereka Ikuti: Penting, Sih, Tapi BIkin "Mabok"

Rizki Ramadan - Senin, 26 Maret 2018 | 06:00
ilustarsi ujian nasional berbasik komputer
Rizki Ramadan

ilustarsi ujian nasional berbasik komputer

HAI-online.com - Minggu lalu, temen-temen yang kelas XII abis menyelesaikan USBN alias ujian sekolah berstandar nasional. Nah, nggak sampe sebulan lagi, tepatnya 9 April, giliran UN yang mereka kerjakan. Terus lanjut SBMPTN dan ujian mandiri universitas.

Singkatnya, masa kelas XII padat banget sama yang namanya soal-soal ujian.

Itu belum seberapa. Sederetan ujian coba-coba alias try out. Nggak heran, kalau kelas XII disebut sebagai masanya mabok try out. Nggak percaya? Simak dulu deh curhatan para kelas XII ini.

Sampe Lupa Udah Ikut Berapa Kali TO

Ujiannya cuma 4 kali, tapi try out-nya bisa sampe sepuluh kali, tuh.Hampir tiap minggu sejak awal semester genap pasti ada tuh yang namanya try out. Entah itu try out dari sekolah, TO dari bimbel, TO dari kampus, dan TO dari mana-mana.

Ernst Fajar millenio dari SMAN 78 Jakarta bilang kalau selama ini dia udah ikut lebih dari 8 try out.

“Itu cuma try out yang dari sekolah dan dari bimbel. Sampe sekarang sih gue belum ikut TO yang di luar itu,” kata Ernst.

Sementara temen kita dari SMAN 2 Cibinong, ngaku udah sampe sepuluh kali ikut TO, tuh. Gils! “Gue ikut TO di sekolah itu 2 menuju 3. Kalo di bimbel, gue TO UN udah 2 atau 3 kali tapi kalo TO SBM udah 2 kali sama TO SBMPTN di luar bimbel dan sekolah, sekali. Jadi totalnya gue udah hampir 10 kali ikut TO,” kata Nabila Humaira Yasmin, warga XII IPS 2

Saking banyaknya jumlah TO yang diikuti, banyak juga siswa yang ngaku susah nginget lagi TO apa saja yang sudah mereka ikuti. “Kalau try out sih saking banyaknya sampe lupa udah berapa kali, tapi semuanya dari sekolah sih, Belom pernah ikut try out di luar sekolah,” Repet Clarissa Tiur dari SMAN 78 Jakarta

Ujian Nasional Berbasis Laptop eh komputer
Pada Belajar Nggak Sih Kalau TO?

Dari 6 orang yang HAI wawancara, yang belajar serius ada 2 orang, 2 lainnya cuma baca-baca dan sisanya ngaku nggak belajar.

"Kalau untuk try out SBMPTN gue sih udah nyicil belajar dari mulai kelas XI semester 2. Tapi terputus di tengah-tengah karena fokus belajar materi sekolah karena nilai-nilai di semester 1 kelas XII dibutuhin," ujar Kevin Mahatirazikra dari SMAN 2 Cibinong.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest