Follow Us

Memahami Cara Kerja Algoritma Instagram Dalam Menampilkan Timeline

Rizki Ramadan - Selasa, 20 Maret 2018 | 07:15
Instagram
Rizki Ramadan

Instagram

HAI-online.com - Satu hal yang sering nggak kita sadari dari media sosial adalah tentang pembaruan (update) sistem di aplikasinya. Walau pun kita update secara manual pun kadang kita nggak ngeh tentang perubahannya. Baru setelah teman menceritakannya.

"Eh, sekarang IG Stories bisa di pinch out fotonya, jadi nggak mesti vertikal!"

"Loh, kemarin perasaan ada fitur GIF deh di IG Stories. Kok nggak ada yah? Jangan-jangan hape gue di-hack alien dari Aceh nih."

Yes, kalau pun ngeh, pembaruan yang kita sadari palingan seputar fitur-fiturnya. Padahal, nggak cuma itu lho yang diutak-atik sama developer aplikasi.

Salah satu hal besar di media sosial yang nggak dipedulikan orang banyak adalah algoritma dalam penyajian konten di lini masa.

Tahun lalu, kita masih bisa melihat feeds berdasarkan waktu post-nya. Nah sejak itu sampai sekarang IG mengubah sistemnya. Foto pertama yang kita lihat saat cek timeline bukan yang paling terbaru dipost temen kita melainkan yang menurut Instagram perlu kita lihat dan akan kita sukai.

Well, itu baru satu dari sekian banyak sistem algoritma. Masih ada yang asik untuk kita ketahui nih, bro. Simak yuk!

Cek Ombak Dulu Ke 10% Followers

Jadi, saat pertama kali nge-post, konten lo cuma dilihat sebagian followers saja. Misalnya nih, lo punya followers sejumlah 1.000. Nah, ketika lo nge-post konten baru, konten lo bakal terlihat di timeline 100 orang followers doang.

Jadi, jangan sedih dulu kalau yang likes foto lo cuma sedikit. Bukan karena followers nggak suka, tapi karena Instagramnya cuma ngasih lihat ke sedikit orang.

BACA JUGA: 10 Lirik Lagu Keren Yang Bisa Kamu Jadikan Caption Instagram

Kalau 10% Followers Itu Banyak Yang Likes dan Komentar, Foto Disebar Lebih Luas

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest