Follow Us

Cihuy! Program Bayar Kuliah setelah Kerja Lagi Dirancang Pemerintah

- Senin, 19 Maret 2018 | 09:30
Masih Ada Jalan Masuk Universitas Indonesia
Hai Online

Masih Ada Jalan Masuk Universitas Indonesia

HAI-Online.com - Pemerintah mulai memikirkan progam terkait pendidikan lagi nih bro. Kali ini soal kredit pendidikan atau student loan yang memungkinkan mahasiswa bisa mencicil biaya perkuliakan ketika sudah kerja.

Dilansir dari Kompas.com, ide program ini muncul dari ungkapan Presiden Joko Widodo saat bertemu para bos bank Indonesia di Istana Negara, Jakarta, 15 Maret lalu. Awalnya, Presiden yang juga fans Metallica ini menyindir para bos soal target pertumbuhan kredit 2017 yang nggak tercapai. Makanya, Presiden Joko Widodo minta perbankan mengeluarkan produk finansial baru berupa kredit pendidikan atau student loan.

Program ini pun disambut baik loh bro oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) WImboh Santosa. Penerapan program ini pun nggak perlu peraturan khusus, tinggal aturan teknis di level perbankan aja terkait tata cara pembayarannya. Nantinya biar lebih memberi jaminan kepada perbankan, bisa diterapkan juga sistem kluster bagi mahasiswa calon pemohon student loan. Mahasiswa pun daftarnya lewat loket kampus.

UDAH TAU BELUM? Kisah mahasiswa Indonesia Kuliah di 4 Negara

Just fyi, menuurut Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir program ini tuh udah ada dulu di Indonesia, tepatnya waktu era 1980-an. Bahkan Pak Menteri mengalami sendiri.

"Dulu tahun 1985 saya pernah ikut student loan. Kalau dulu tidak ada bunga, setelah bekerja 2 atau 3 tahun, langsung saja bayar lunas. Pinjamannya kalau enggak salah Rp500.000 samapai Rp1.000.000. Zaman itu, duit segitu gede banget," ujar Nasir kepada Kompas.com

Meskipun program ini sangat membantu, apalagi mahasiswa tingkat akhir yang nggak dibiayain lagi oleh orang tua, menurut Nasir ada persoalan yang bikin program dulu dihentikan. Salah satunya terkait banyak mahasiswa yang nggak bayar tanggungannya.

Nah, pastinya kalau program student loan ini bakal kembali diadakan perlu ada aturan yang lebih detil dan perbaikan di beebrapa hal supaya menghindari persoalan dulu. Potensi permasalahan ini pun dipastikan Nasir nantinya udah ditelaah kementerian bidang perekonomian. Program ini bakal terus dikaji bro bersama Kementerian Keuangan biar semua berjalan mulus.

Artikel ini pertama kali ditayangkan di Kompas.com, dengan judul artikel Sedang Dirancang, Mahasiswa Boleh Bayar Kuliah Setelah Diterima Kerja

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest