Follow Us

Nggak Banyak yang Tahu! 5 Hal ini Bikin Motor Boros BBM

Rizki Ramadan - Jumat, 09 Maret 2018 | 13:30
Ini yang bikin bensin boros
Rizki Ramadan

Ini yang bikin bensin boros

HAI-Online.com - Yang namanya mesin, kalo nggak dirawat bakalan makin nggak enak dipake. Sama kayak motor. Makin jarang dirawat, bakalan makin nggak enak dikendarain.

Tapi pernah nggak, motor kesayangan makin lama jadi makin boros? Tenang, bisa jadi itu terjadi karena lima hal sepele ini, kok. Catet, nih, berikut 5 hal sepele yang bikin motor jadi boros bahan bakar. Cekidot!

1. Saringan udara kotor

Saringan udara kotor
Saringan udara yang kotor bikin aliran udara jadi tersumbat dan mengakibatkan campuran bensin dan udara yang dibakar busi menjadi nggak sempurna. Ada dua jenis saringan udara nih, kering dan basah. Kalau saringan udara motor tipe kering tinggal dibersihkan aja tiap 5000km. Kalau pakai saringan udara yang bertipe basah, biasanya sih emang harus diganti di rentang pemakaian 10.000km.

2. Tekanan angin ban kurang

Tekanan angin ban motor
Yang namanya tekanan ban, sebenarnya harus dicek tiap 2 minggu sekali. Karena motor yang kurang angin bakalan bikin laju motor kesayangan lambat dan bbm jadi boros.

3. Setelan karburator nggak pas

Settingan karburator
Yang motornya udah pake sistem injeksi (PGM-FI) boleh seneng nggak berurusan yang benda yang ini. Buat yang masih pakai karburator, setelah angin karburatornya juga harus rajin dicek. Karena setelah angin ini bakalan ngaruh ke campuran BBM dan udara.

4. Busi udah jelek atau nggak sesuai dengan spesifikasi

Busi motor nggak layak
Gara-gara bentuknya kecil, makanya banyak orang nggak perhatiin. Padahal fungsi busi ini vital banget. Memantik api buat bahan bakar pada tenaga motor. Biasanya, umur busi cuma sampai 10.000 km. Pastiin juga lo ganti busi sesuai spesifikasi yang dibutuhkan.

5. Motor jarang dicuci

Motor nggak dicuci juga bikin bensin boros
Hah?? Apa hubungannya cuci motor dan bensin boros? Kedengarannya, sih, ngga nyambung. Motor yang lama tidak dicuci akan menimbulkan kerak-kerak di bagian as roda sehingga laju perputaran roda akan seret. Selain itu, kotoran yang menempel di kampas rem dan tromol drum brake juga menjadi faktor penghambat laju motor.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular