Follow Us

5 Tanda Kalau Olahraga yang Kamu Lakukan Hasilnya Nihil Alias Sia-sia

Alvin Bahar - Kamis, 08 Maret 2018 | 03:45
Ilustrasi
Alvin Bahar

Ilustrasi

HAI-ONLINE.COM - Kita berolahraga dengan begitu semangat dan keras, hingga basah kuyup bermandi keringat. Kita pun yakin ada sekian banyak kalori yang terbakar dalam aktivitas itu.

Namun, kita mungkin lupa, tanpa pemulihan yang tepat, semua akan sia-sia. Keringat terbuang percuma, tanpa ada manfaat bagi tubuh.

Kenapa bisa demikian? Seringkali kita melupakan beberapa rutinitas seperti istirahat dan menghindari hal tertentu. Padahal di balik itu semua, manfaatnya justru signifikan.

Misalnya, istirahat bisa mengembalikan kerusakan jaringan otot. Kemudian konsisten menghindari kegiatan-kegiatan tertentu juga dapat berefek menurunkan berat badan, membentuk otot lebih baik, dan mengurangi rasa sakit.

Berikut beberapa kesalahan umum yang harus dihindari setelah berolahraga dengan keras.

1. Makan junk food

Pastikan untuk tetap menjauh dari junk food setelah berolahraga. Makanan tersebut kurang bergizi, bahkan ada yang sama sekali nggak bergizi. "Salah satu hal terburuk yang makan setelah berolahraga adalah junk food," kata trainer American College of Sports Medicine (ACSM), Hope Pedraza.

Saran ini bukan tanpa sebab. Saat olahraga, jaringan otot akan rusak dan perlu diperbaiki agar kembali tumbuh. Salah satu caranya yakni mengisi bahan bakar dengan karbohidrat dan protein.

"Camilan pasca-olahraga yang mudah adalah protein shake. Campur ini dengan rice cake atau buah."

"Kandungan itu penting untuk mendapatkan beberapa pembakaran karbohidrat cepat ke bagian otot yang paling membutuhkan perbaikan," kata dia.

2. Nggak cukup tidur

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest