Follow Us

Catat Nih: Tanggal Ujian Mandiri 5 Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2018 Ini

Rizki Ramadan - Rabu, 21 Februari 2018 | 10:30
Ujian Nasional dihapuskan?
Rizki Ramadan

Ujian Nasional dihapuskan?

HAI-online.com - SNMPTN udah mulai dibuka, nggak lagi SBMPTN. Tapi pasti kamu tahu dong kalau untuk masuk PTN bukan cuma dua jalur itu doang yang dibuka. Ada ujian mandiri yang digelar oleh pihak kampus sendiri.

Well, ada beberapa PTN yang udah menghapus ujian mandiri sih. Tapi, di tahun ini masih ada kok kampus yang tetap buka jalur tersebut. Inilah 5 di antaranya. Jangan sampe lolos:

Universitas Indonesia (UI)

Ujian mandiri Universitas Indonesia lebih dikenal dengan SIMAK. Pendaftaran SIMAK akan dibuka pada 1 hingga 27 April 2018. Ujian tulis akan diselenggarakan pada 13 Mei 2018 di berbagai kota di Indonesia Biaya pendaftaran SIMAK UI berkisar pada Rp 300.000 untuk masing-masing kelompok. Keterangan lebih lanjut dapat diakses di penerimaan.ui.ac.id.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

UNDIP masih membuka jalur seleksi mandiri dengan tes tertulis. Pendaftaran mulai dibuka pada 16 Mei hingga 5 Juli 2018. Tes akan dilaksanakan pada 14 Juli 2018.

Terdapat dua bidang yakni SAINTEK (IPA) dan SOSHUM (IPS). Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000 (lokal Semarang) dan Rp 375.000 (selain Kota Semarang). Lokasi tes dan informasi lainnya bisa diakses di sini.

Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

Universitas negeri yang berlokasi di Kota Purwokerto, Jawa Tengah ini menyediakan dua jenis jalur mandiri atau SPMB, yakni SPMB non-tulis dan SPMB ujian tulis. Pendaftaran SPMB non-tulis dibuka pada 25 Juni hingga 6 Juli 2018.

Perlu diketahui bahwa SPMB non-tulis ini menggunakan nilai dari SBMPTN. Jadwal berbeda disediakan untuk SPMB ujian tulis.

Pendaftaran SPMB ujian tulis akan dibuka pada 9 hingga 20 Juli 2018 dan tes akan dilaksanakan pada 24 Juli 2018. Keterangan dan informasi lebih lanjut dapat dilihat di sini.

(Baca juga: 7 Ilustrasi Mengejutkan yang Menggambarkan Kehidupan Cewek Modern)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest