Follow Us

Evolusi Grafik Anime dari Masa ke Masa yang Membuktikan Kartun Jepang Terus Berkembang

Fadli Adzani - Kamis, 01 Februari 2018 | 12:45
Evolusi Grafik Anime
Fadli Adzani

Evolusi Grafik Anime

HAI-ONLINE.COM - Sama seperti film-film Hollywood dari barat, kartun dari Jepang, atau yang lebih dikenal dengan anime, pun berkembang seiring berjalannya waktu.

Semakin canggih teknologi yang ada, para kreator anime di Negeri Matahari Terbit itu pun semakin leluasa dalam "merealisasikan" imajinasi mereka lewat gambar-gambar yang kemudian dijadikan anime.

Dalam artikel ini, HAI ingin memperlihatkan perkembangan grafik anime yang sudah ada sejak sebelum Perang Dunia, yakni di awal tahun '1900-an.

CEK JUGA: 5 Anime yang Umurnya Hampir Satu Abad

Kalau ngomongin awal mula anime sendiri, nama Katsudo Shashin sering tersebut. Yap, Katsudo Shashin sering dikatakan sebagai anime pertama yang ada dalam sejarah.

Katsudō_Shashin
Dilihat dari grafiknya, anime pertama ini sangat sederhana, bahkan masih terlihat kaku sekali dan warnanya belum terlalu ramai.

Banyak yang percaya kalau anime ini dibuat pada tahun 1912, namun masih belum diketahui siapa pembuatnya dan tanggal pasti dari pembuatan anime itu.

Lalu kita lanjut ke era '1930-an, dimana anime sudah mulai menunjukkan beberapa kemajuan. Grafiknya jauh lebih baik dibandingkan dengan anime di tahun '1900-an.

Nah, sehabis itu, HAI ingin menunjukkan sebuah infografis yang HAI dapat dari Kotaku, nih. Dalam Infografis ini, kalian dapat melihat evolusi grafik anime sejak tahun '1960-an hingga 2000-an.

Evolusi Grafik Anime
Lantas, akan seperti apakah grafik anime 30 atau 50 tahun ke depan? Gimanapun itu, anime pasti selalu memiliki ciri khas yang membedakan mereka dengan kartun-kartun di negara lain.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest