Follow Us

Cuma Mereka Yang Suka Musik Yang Merasakan 5 Manfaat Ini Setiap Hari

Rizki Ramadan - Selasa, 27 Februari 2018 | 12:45
Manfaat Musik
Rizki Ramadan

Manfaat Musik

HAI-online.com - Mendengarkan musik merupakan salah satu cara yang ampuh banget sih untuk membuat pikiran kamu tenang, melepas penat, dan masih banyak lainnya. Bener nggak?

Ternyata nih, manusia adalah makhluk yang menyukai musik lho. Pendapat ini dikemukakan oleh Teresa Lesiuk, Ph.D, asisten profesor terapi musik dari Universitas Miami.

"Sepertinya manusia memang sudah terpatri dengan musik. Kita siap untuk menikmati dan berinteraksi dengannya," kata Lesiuk.

Dengan kamu sering mendengarkan musik, banyak banget lho manfaat yang kamu dapat. Penasaran? Langsung baca aja ya!

1. Bikin Semangat Setelah Bangun tidur

Musik dengan ritme yang menghentak bisa menjadi penyemangat kamu di pagi hari. Musik tersebut, menurut Daniel Levitin, profesor psikologi, memicu proses di otak yang disebut penyebaran aktivasi. Penelitian di Jepang juga menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik setelah bangun tidur, nggak bikin gampang ngantuk lho!

BACA JUGA: 7 Film yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan di 2018

2. Menjaga Kewaspadaan Saat Menyetir

Nah, kalau kamu sering menyetir mobil untuk beraktivitas, pasti deh selalu menyetel musik. Bener nggak? Apalagi kalau lagi sendirian di dalam kendaraan. Penelitian di Australia juga menyimpulkan, kesunyian sebenarnya kurang ideal saat menyetir mobil karena bisa membuat pikiran kita melayang ke mana-mana.

Tipsnya nih, coba deh kamu pilih jenis musik yang meningkatkan rasa awas atau waspada, sekaligus menjaga kecepatan kendaraan. Musik yang cocok adalah musik dengan tempo yang nggak terlalu cepat. Kenapa begitu? karena semakin cepat tempo musik maka semakin kita nggak aman dalam berkendara.

3. BIkin Lebih Produktif Saat Kerja

Menurut sejarah, musik telah lama dipakai dalam pekerjaan fisik manusia untuk membangkitkan semangat kerja. Terus, musik ngaruh nggak sih bagi kamu para pekerja kantoran atau yang memiliki pekerjaan superhectic?

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest