Follow Us

Sudah Lulus Tapi Masih Suka Kuliah? Jadi Dosen Aja, Bro! Ini Asiknya

Rizki Ramadan - Jumat, 19 Januari 2018 | 04:00
Jadi Dosen adalah pilihan tepat untuk kamu yang suka belajar
Rizki Ramadan

Jadi Dosen adalah pilihan tepat untuk kamu yang suka belajar

HAI-online.com - Siapa bilang untuk menjadi dosen di usia muda adalah suatu hal yang mustahil? Hal ini kayaknya nggak berlaku deh untuk Alfino Suhanta, S. Ikom (37 tahun). Yap, Pak Fino sapaan akrab dari dosen muda ini, sudah mengajar di perguruan tinggi meskipun usianya masih muda lho!

Saat ini Pak Fino mengajar mata kuliah yang berhubungan dengan desain grafis nih guys, yaitu komputer grafis, basic design, dan advance design. Mata kuliah yang diajar Pak Fino pun sesuai dengan latar belakang pendidikan saat di bangku kuliah, yaitu mengambil Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Keinginan Harus Datang Dari Sendiri

Menurut Pak Fino menjadi dosen tuh harus karena memiliki kesenangan untuk berbagi ilmu dengan orang lain. Selain itu, menjadi seorang dosen menurut Pak Fino adalah ladang yang luas untuk berbagi. Dengan menjadi dosen maka dituntut untuk selalu belajar agar terus menambah ilmu baru yang nantinya dapat disampaikan kepada para mahasiswa yang diajar.

Pengalaman Kerja Profesi Jadi Nilai Tambah

Contohnya Pak Fino. Sebelumnya dia bekerja di beberapa perusahaan media olahraga sebagai tenaga professional, tentunya sebagai seorang desainer grafis lho! Dengan adanya pengalaman bekerja ini, Pak Fino pun membagikannya ke mahasiswa untuk memberikan gambaran dunia kerja professional itu seperti apa kepada mahasiswa yang diajar. Selain menjadi dosen, ternyata Pak Fino juga menjadi seorang desainer grafis di sebuah media online olahraga (kerjanya nggak harus selalu di kantor) guys. Keren banget kan?

Ada Tes Mengajar Saat Melamar

Untuk menjadi dosen di setiap kampus pastinya berbeda-beda. Umumnya adalah mengirimkan surat lamaran kerja, CV, dan portofolio. Nah, kalau Pak Fino ada tes tambahan lagi nih guys, yaitu micro teaching atau simulasi mengajar. Untuk lebih memastikan kembali, sebaiknya kamu perhatikan juga persyaratan kampus yang ingin kamu tuju ya.

Dosen Muda Lebih Disukai

“Menjadi dosen dengan jarak usia yang nggak begitu jauh dengan mahasiswa tentu komunikasi pun akan lebih mudah. Dari segi berbahasa dan cara komunikasi juga tidak perlu banyak penyesuaiannya. Untuk dukanya sih kayanya nggak ada ya, cuman terkadang kalau kurang tegas (bukan keras), dosen muda biasanya lebih kurang didengar dibandingkan dosen yang lebih senior. Tapi secara keseluruhan, asik kok!” ujar Pak Fino kepada HAI yang dengan senang hati berbagi cerita mengenai suka dan duka menjadi seorang dosen muda.

Dosen Harus Bisa Siapkan Materi Dengan Baik

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest