Follow Us

Ingin Mendapatkan Beasiswa? Ikuti 5 Langkah Ini!

Rizki Ramadan - Senin, 15 Januari 2018 | 04:45
Cari Beasiswa, Yuk!
Rizki Ramadan

Cari Beasiswa, Yuk!

HAI-online.com - Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, tentu memerlukan biaya yang nggak sedikit kan, guys? Nah, hal inilah yang menjadi salah satu alasan para siswa gencar mencari informasi beasiswa. Sebelum kamu mencari beasiswa apa saja yang ingin kamu lamar, coba deh perhatikan 5 langkah ini agar usaha kamu dalam mencari beasiswa lebih maksimal!

1. Sesuaikan Beasiswa dengan Kebutuhanmu

Untuk memudahkan kamu dalam mencari beasiswa, coba deh kamu lamar ke sebuah lembaga pemberi beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, kamu membutuhkan beasiswa untuk membantu pembayaran SPP kuliah, melanjutkan kuliah, ataupun hanya untuk tambahan uang saku saja.

Nah, jika kamu berniat untuk melanjutkan kuliah maka tentukan juga apakah kamu ingin kuliah di dalam atau luar negeri. Dengan kamu memikirkan kebutuhan apa yang harus kamu penuhi dalam kuliah, maka hal tersebut akan mempermudah kamu saat mencari beasiswa.

Ibaratnya nih, kamu akan mengetahui lembaga pemberi beasiswa mana saja yang dapat membantu dalam memenuhi kebutuhanmu saat kuliah. Oiya, tentunya kemampuan diri kamu pun harus disesuaikan dengan persyaratan dari setiap institusi pemberi beasiswa ya!

BACA JUGA: Aktuaria: Jurusan Kuliah yang Nggak Terlalu Dipandang, Tapi Bisa Bikin Kamu Punya Gaji Segudang!

2. Perbanyak Pengalaman dan Kemampuan

Salah satu nilai tambah kamu saat melamar beasiswa dibandingkan yang lainnya adalah pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki. Oleh karena itu, selagi kamu menjalani masa perkuliahan, nggak ada salahnya kok mengikuti organisasi atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) kampus, mengikuti perlombaan dan hal-hal positif lainnya.

Selain itu, asah terus kemampuan yang kamu miliki. Misalnya kamu jago banget desain, coding ataupun hal-hal lainnya. Nah, pengalaman dan kemampuanmu tersebut cantumkan ke dalam CV saat kamu ingin melamar beasiswa. Oiya, jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan IPK kamu, karena nyatanya IPK pun tetap dijadikan indikator penilaian dalam beasiswa.

3. Perhatikan Kamampuan Bahasa Inggrismu

Yap, bahasa Inggris emang penting banget ya, guys. Terutama bagi kamu yang mengejar beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Baik dari segi nilai TOEFL ataupun IELTS tentunya harus terpenuhi.

Jadi, selagi kamu masih memiliki waktu sebelum mencari beasiswa, terus latih dan tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, baik dari segi tulisan ataupun lisan. Hal ini agar persiapanmu dalam mencari beasiswa dapat lebih maksimal.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest