Follow Us

Jangan Cuma Incar Jurusan Mainstream. Ini 4 Jurusan di FISIP Yang Bagus Tapi Jarang Dilirik.

Rizki Ramadan - Rabu, 10 Januari 2018 | 07:30
Fisip UI
Rizki Ramadan

Fisip UI

HAI-online.com - Nggak kerasa SNMPTN dan SBMPTN bentar lagi dilaksanakan. Pasti lo banyak yang bingung bakal daftar jurusan apa nanti di kuliah. Rata-rata pelajar di Indonesia sih mikirnya bakal daftar jurusan akutansi, bisnis, komunikasi, hubungan internasional, teknik, hukum, psikologi.

Ya ampun kalau di peribahasa kalian tuh bagaikan katak dalam tempurung yang artinya nggak punya wawasan yang luas. Generasi melanial udah makin beragam pekerjaannya nantinya dan nggak usah stress milih jurusan karena hai bakal kasih kalian beberapa jurusan di rumpun sosial yang seru banget untuk dipelajari.

Berikut jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

1.Kriminologi

Pernah nonton serial CSI? Kebayangkan serunya? Ya itu semua bakalan dipelajari di jurusan Kriminologi. Jurusan ini fokus pada 4 hal, kejahatan dan jenis-jenis kejahatan, pelaku, jadi lo bakal tau kenapa seorang pelaku kejahatan melakukan hal tersebut, terus belajar tentang korban, gimana sih perasaan korban dan kondisinya setelah dia kena perilaku jahat, dan juga belajar respon orang-orang, pemerintah, pihak berwenang kalo terjadi tindak kejahatan. Bisa jadi kalian bakalan ikut syuting CSI: Indonesia.

BACA: Ini Dia 5 Daftar Jurusan Kuliah yang Paling Dicari Perusahaan

2.Sosiologi

Menurut Prof. Selo Sumardjan, Sosiologi diartikan sebagai ilmu masyarakat mempelajari tentang struktur sosial yakni keseluruhan jalinan sosial antara unsur-unsur sosial yang pokok, seperti kaidah-kaidah sosial, kelompok-kelompok dan lapisan-lapisan sosial. Cieilah berat nggak usah pusing dulu dong. Secara sederhananya di Sosiologi kalian bakalan belajar mengapa manusia saling berinteraksi. Otomatis kalian bakalan banyak terjun langsung ke masyarakat, jadi jika lo ngerasa punya sifat supel maka harus banget masuk di jurusan ini.

3. Antropologi

Jurusan apanih? Jadi antropologi adalah ilmu yang mempelajari segala macam seluk beluk, unsur-unsur, kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia. Jadi mahasiswa Antropologi harus siap untuk keliling Indonesia dan bahkan harus punya paspor. Terutama di Indonesia dengan banyaknya suku dan budaya nggak usah takut kehabisan bahan belajar. Coba deh lo cari tau sekolah rimba, itu program untuk mengajar anak-anak di pedalaman Indonesia dan mahasiswa Antropologi punya keahlian buat ngelakuin hal tersebut.

4. Kesejahteraan Sosial/Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Lo semua pasti tau kan kalau Indonesia itu masih masuk kategori negara berkembang, nah pasti banyak juga rakyat yang masih belum sejahtera. Itu kenapa jurusan kesejahteraan sosial dibentuk. Meskipun cuman ada di Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Gadjahmada, dan Universitas Sumatera Utara, tetapi lulusannya bisa membantu rakyat Indonesia supaya lebih sejahtera lho! Kuliah gak akan gabut karena lo harus sering melihat fakta di lapangan. Kapan lagi sih kuliah sambil ber-amal? Nah, gimana? Udah terobati kan rasa pusingnya. Buat lo semua anak jurusan IPS di SMA bisa banget daftar salah satunya. Buat anak IPA boleh sih daftar di fakultas sosial, cuman nanti anak IPS- kuliah dimana dong? Hehe just kidding deng! Jangan lupa berdoa dan belajar biar nggak salah jurusan ya.

(Penulis: Felix Anggit)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest