Follow Us

Anak Sekolah Wajib Baca, Ada 4 Bahaya Kesehatan Jika Kamu Terbiasa Bawa Tas Berat

Rizki Ramadan - Senin, 08 Januari 2018 | 01:30
Bahaya membawa tas berat
Rizki Ramadan

Bahaya membawa tas berat

Hai-online.com – Kebiasaan membawa tas yang terlalu berat , dan digantung di pundak, baik itu backpack ataupun sling bag ternyata bisa menyebabkan cacat pada tulang belakang. Buruknya lagi, beberapa cacat pada tulang belakang nggak bisa disembuhkan. Biasanya kelainan tulang belakang pada pelajar dan remaja adalah tulang belakang yang melengkung atau scoliosis.

Menurut penelitian di Inggris, sebagian pelajar secara rutin membawa tas hingga penuh, bahkan beratnya mencapai 10 kilogram. Para ahli kesehatan mengatakan, pelajar yang membawa tas terlalu berat akan menghadapi risiko kerusakan dalam jangka panjang kalau selalu membawa beban lebih dari 15 persen dari berat badan mereka. Ngeri kan?

BACA NIH: 7 Karakter Anak Kelas 12 Menjelang Ujian Nasional

“Remaja memang rentan akan kesehatan pada postur tubuh. Terutama disebabkan terbiasanya membawa tas sekolah yang terlalu berat. Hal ini bisa semakin para jika tali atau strap yang mereka pakai terlalu longgar dan bahannya tidak empuk di bahu. Berat tas yang dibawa sebaiknya tidak lebih dari 10% dari berat badan remaja. Karena in akan menyebabkan terjadinya kaku pada bagian otot, nyeri, bahkan cedera," kata Asep Azis M, Sst.Ft, CT Sport Physiotherapist

Nyeri Pada Dada

Ini adalah kelanjutan dari dampak scoliosis. Penderita scoliosis biasanya menderita rasa nyeri pada dada. Jika kurva tulang belakang melengkung, maka dapat mengurangi ruang di dalam dada, menjadikan paru-paru susah berkembang sepenuhnya dan penderitanya akan mengalami kesulitan bernapas.

Neck Pain

Neck pain atau nyeri pada leher bisa menyerang setiap pengguna tas backpack atau pun sling bag. Bahkan neck pain juga yang menyebabkan merambatnya nyeri pada punggung, tangan, dan sebagainya. Nyeri leher akibat terlalu berat membawa tas biasanya ditandai dengan leher kaku dan ngilu, pusing, bahkan tangan menjadi mati rasa. Kalau ini dibiarkan, maka akan timbul cedera pada bagian leher.

Nyeri Punggung Atas

Nyeri punggung pada bagian atas biasanya ditandai dengan munculnya sensasi terbakar. Hal ini bisa disebabkan banyak faktor. Salah satu faktor yang paling mungkin terjadi bagi remaja seumuran kita adalah terlalu beratnya membawa tas. Nyeri pada punggung atas ini juga merupakan dampak dari tegangnya otot yang tertindih beban dari tas yang terlalu berat dan lama.

Scoliosis

Scoliosis adalah kondisi melengkungnya tulang belakang ke samping secara nggak normal atau bungkuk (seperti huruf C atau S). Penyakit ini memang sering terjadi pada pengguna tas yang terlalu berat. Dampak dari scoliosis biasanya ditandai dengan sulit bernapas dan nyeri. Sedangkan gejalanya dari bentuk fisik adalah salah satu pinggul tampak lebih menonjol, postur tubuh cenderung ke satu sisi, salah satu bahu lebih tinggi, dan salah satu tulang belikat tampak lebih menonjol.

Back Pain

Back pain atau nyeri punggung adalah salah satu masalah kesehatan yang akan diderita pengguna tas backpack. Nyeri punggung ditandai dengan sakit yang bisa menyerang saraf, otot, tulang, atau sendi tulang belakang. Nyeri ini bisa bersifat akut atau kronis. Yang akut kondisinya bersifat sementara, sementara jenis kronis bisa bersifat seumur hidup.

(Penulis: Meryam Zahida)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest