Follow Us

Taukah Kamu Sekarang Sedang Terjadi Tabrakan 2 Galaksi di Alam Semesta?

Alvin Bahar - Selasa, 19 Desember 2017 | 05:30
Tabrakan kedua galaksi cakram ini kacau dan berantakan.
Alvin Bahar

Tabrakan kedua galaksi cakram ini kacau dan berantakan.

HAI-ONLINE.COM - Pada jarak 12,7 miliar tahun cahaya dari Bumi ada 2 galaksi yang sedang tabrakan. Nah, sebenarnya ada juga tabrakan 2 galaksi yang lebih dekat dengan Bumi. Wah, apakah berbahaya bagi Bumi?

Lebih Dekat Tapi Jauh

Tabrakan 2 galaksi ini memang lebih dekat jaraknya ke Bumi, tapi sebenarnya jauh kok, teman-teman. Tabrakan ini terjadi di rasi bintang Ursa Mayor, tepatnya sekitar 350 juta tahun cahaya dari Bumi. Galaksi yang sedang bertabrakan ini dinamakan sebagai satu galaksi saja, yaitu NGC 5256.

Galaksi NGC 5256

Kedua galaksi ini merupakan galaksi cakram yang inti galaksinya hanya berjarak 13.000 tahun cahaya satu sama lain. Materi dan benda-benda langit yang ada di kedua galaksi ini, seperti gas, debu, dan bintang-bintangnya sebagian besar sudah bergabung dan tercampur aduk. Penggabungan ini membentuk bintang-bintang baru di jalur tabrakan.

Kacau dan Berantakan

Tabrakan kedua galaksi ini kacau dan berantakan. Namun uniknya, bintang-bintang pada masing-masing galaksi sebagian besar nggak terjadi tabrakan. Kenapa? Karena jarak antara bintang-bintang itu sangat luas sehingga bintang-bintang itu hanya saling tarik menarik karena kuatnya gaya gravitasi. Akibatnya, kedua galaksi ini akan membentuk galaksi baru yang lebih stabil, yaitu galaksi elips raksasa.

Teleskop NASA

Sayangnya, tabrakan galaksi ini nggak bisa kita amati dengan teleskop kecil, apalagi dengan mata telanjang. Pengamatan tabrakan ini hanya bisa dilakukan oleh teleskop yang dimiliki NASA, seperti instrumen Advanced Camera for Surveys (ACS) dan Wide-Field Camera 3 (WFC3) yang diletakkan di teleskop antariksa Hubble.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Sekarang Sedang Terjadi Tabrakan 2 Galaksi di Alam Semesta, Lo!"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest