Follow Us

5 Macam Dosen Pembimbing Yang Pasti Ditemui Mahasiswa Tingkat Akhir

Dok Grid - Selasa, 02 April 2024 | 10:14
Akun Twitter Pembimbing Utama
Rizki Ramadan

Akun Twitter Pembimbing Utama

HAI-online.com - Bagi kamu yang saat ini sedang tingkat akhir, pasti dong lagi sibuk-sibuknya berkutat dengan skripsi? Berbagai permasalahan pun muncul. Mulai dari bahan materi penyusun skripsi yang kurang lengkap, deadline yang terus mencekam, hingga dosen pembimbing yang sering menguji kesabaran kamu (nggak semua sih). Nah, berikut HAI rangkum dalam 5 tipe dosen pembimbing yang sering banget kamu temui:

1. Tipe Perfeksionis

Kalau kamu dapet dosen pembimbing (dospem) kaya gini sih antara bersyukur atau nggak. Soalnya, untuk mendapatkan ACC dari dosen biasanya harus melewati berbagai rintangan dulu nih. Revisi ini, revisi itu pasti akan jadi ‘makanan’ kamu sehari-hari.

Eits, tapi jangan bete dulu. Ketika kamu mendapatkan dospem yang perfeksionis, ada juga hikmah yang dapat kamu ambil lho. Kenapa begitu? Karena biasanya, tipe dosen ini sudah memiliki berbagai macam gelar dan yang pastinya penelitian maupun riset sudah menjadi ‘hal biasa’ yang ia lakukan. Alhasil, sang dosen pun akan terus memantau perkembanganmu dalam menyusun skripsi. Tipe dosen seperti ini juga biasanya tidak hanya sekadar meluluskan mahasiswanya, ia juga memerhatikan ‘kualitas’ penulisan skripsi dari mahasiswa yang ia bimbing.

2. Tipe Dosen Pembimbing yang Susah Ditemui

“Kita bimbingan besok jam 9 ya di kampus”

“Maaf, diundur jadi jam 12 aja ya bimbingannya”

“Kamu bimbingannya besok aja deh, hari ini saya ada urusan yang lain”

Hmm, kalau kaya gini sih rasanya pengen marah aja ke dospem. Udah nunggu lama buat bimbingan, eh ujung-ujungnya nggak jadi. Kalau kamu dapet dospem tipe ini, kuncinya adalah kamu harus aktif menanyakan kabar untuk mengatur waktu bimbingan. Semangat! Kamu pasti bisa menghadapi cobaan berat ini.

3. Tipe Cuek

Nah, bagi kamu yang males banget untuk bimbingan, kalau dapet tipe dospem kaya gini sih pasti bakalan seneng. Tapi percaya deh, sebenernya tipe dospem ini tuh nggak enak lho! Biasanya sang dosen membebaskan mahasiswanya dalam menyusun skripsi dan terkesan kurang peduli terhadap mahasiswanya. Mau revisi ya hayuk, kalau belum niat untuk di revisi ya silahkan.

Kunci dalam menghadapi dospem tipe ini adalah aktif bertanya mengenai perkembangan skripsimu. Jangan sampai, saat sidang malah kamu yang dibantai habis-habisan oleh dosen penguji nantinya. Pasti nggak mau kan?

4. Tipe Plin-Plan

“Kamu besok cari lima teori yang disampaikan Max Weber ya”

“Lho, kok banyak banget ini teorinya sampai lima yang kamu tulis”

Oke guys, ini saatnya kamu tepok jidat! Mohon bersabar ini ujian…

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest