Follow Us

Waspada! Ini 10 Info Kesehatan yang Sering Dipercaya, ternyata Hoax

- Senin, 05 Februari 2018 | 14:00
Awas, jangan sampai sakit di masa pancaroba gini!
Hai Online

Awas, jangan sampai sakit di masa pancaroba gini!

HAI-Online.com - Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentunya ketika kita mendapatkan informasi pun juga lebih mudah. Namun sayangnya, sering kali beberapa informasi tersebut belum jelas kebenarannya dan justru banyak informasi yang bersifat Hoax (bohong) yang kemudian dipercaya oleh banyak orang. Fiuhhh…

Salah satu informasi yang sering terjadi hoax adalah informasi kesehatan. Berikut HAI rangkum dalam 10 info kesehatan yang ternyata hoax a.k.a. bohong. Yuk, dibaca guys....

1. Mengonsumsi Mi Instan dan Cokelat dalam Waktu Bersamaan dapat Menyebabkan Keracunan

Banyak yang mengatakan bahwa mi instan mengandung arsenic pentoxide dan reaksi kimia dari cokelat menyebabkan perubahan menjadi arsenic trioxide. Faktanya, mi instan yang dijual di pasaran tidak ada yang ditemukan mengandung racun arsenic. "Berdasarkan hasil pengujian laboratorium, disimpulkan bahwa produk mi instan yang terdaftar dan beredar di Indonesia memenuhi standar dan persyaratan yang berlaku, serta dinyatakan aman untuk dikonsumsi," tegas Dra Kustantinah, Apt, M.App.Sc yang saat itu Kepala BPOM RI.

2. Meminum Air Dingin Setelah Makan Dapat Memicu Kanker

Dalam berbagai informasi yang beredar, air dingin dapat membuat minyak dan lemak yang kita konsumsi dapat menjadi padat dan melapisi usus hingga menyebabkan kanker. Faktanya, panas alami di dalam perut akan membuat semua makanan dan minuman yang kita konsumsi dilebur dalam suhu yang sama. Walaupun kita mengonsumsi es sekalipun, es tersebut akan mencair dan mengalami perubahan suhu.

UDAH TAU BELUM? Terungkap! Ternyata Keong Sawah Bisa Jadi Makanan Sehat, Ini Gizi dan Nutrisinya

3. Virus HIV dimasukkan ke dalam Pembalut

Penyebaran virus HIV termasuk yang paling marak menjadi materi penyebaran hoax lho! Pengguna pembalut ditakut-takuti dengan adanya info virus HIV di dalam pembalut. Pada faktanya, virus HIV membutuhkan induk atau inang agar dapat bertahan hidup. Pembalut tidak bisa menjadi inang bagi virus HIV.

4. Konsumsi Sayap dan Leher Ayam Memicu Kanker

Katanya, ketika kita mengonsumsi sayap dan leher ayam akan mudah terkena penyakit kanker serviks. Hal ini disebabkan karena pada dua bagian itu (sayap dan leher) sering mendapatkan suntikan. Namun pada faktanya, hal tersebut masih sebatas asumsi. Menurut dr. Ramadhan, SpBOnk, belum ada bukti terkait asumsi di atas.

5. Mengonsumsi Bayam dan Tahu Bersamaan Dapat Memicu Kista

Source : http://nationalgeographic.co.id/

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest