Follow Us

5 Tempat Terpercaya Untuk Tes IELTS dan TOEFL Di Jakarta

Rizki Ramadan - Selasa, 12 Desember 2017 | 04:45
ilustrasi tes Toefl
Rizki Ramadan

ilustrasi tes Toefl

HAI-online.com - Berencana lanjut studi ke luar negeri? Tentu kamu butuh sertifikat kemampuan bahasa Inggris, baik IELTS atau TOEFL. Nah, banyak memang lembaga-lembaga yang menyediakan tes tersebut. Tapi, nggak semua sertifikat yang dikeluarkan lembaga itu bisa digunakan ke seluruh kebutuhan yang kamu mau loh.

Ada beberapa sertifikat yang bisa untuk beasiswa dan kegiatan umum, tapi ada juga yang hanya untuk kegiatan umum saja.

HAI punya daftar lembaga terpercaya yang patut kamu coba kalau mau ikut tes kemampuan bahasa Inggris. HAI saranin juga tetap tanya-tanya dulu ya sertifikatnya bisa digunakan untuk keperluan apa saja dari lembaga tersebut.

(BACA JUGA NIH: Bikin Ngakak Pemahaman Bahasa Inggris Kids Zaman Now )

1. British Council Lembaga ini sudah terjamin guys untuk uji kemampuan kita berbahasa Inggris dalam IELTS. British Council sendiri memang ditunjuk langsung oleh ETS (lembaga resmi yang urus IELTS dari Amerika Serikat).

Untuk biayanya sendiri, tes di British Council kamu butuh uang Rp2.9 juta nih. Tesnya juga diadain tiga sampai empat kali setiap bulan di berbagai kota di Indonesia. Cek infonya di indonesia.ielts.britishcouncil.org

2. International Education Specialists (IDP) IDP juga jadi salah satu lembaga yang ditunjuk resmi oleh ETS. Kamu juga bisa ikut tes di berbagai kota di Indonesia. Terkait biaya, tergantung dari versi yang kamu ambil nih.

Kalau Academic dan General Training nggak ada biaya berbeda sih. Kalau IELTS biayanya USD 215 atau sekitar Rp2.9 juta, IELTS for UKVI biayanya USD 288 atau sekitar Rp3.8 juta, dan IELTS Life Skills sebesar USD 222 atau sekitar Rp3 juta.

3. International Test Center (ITC) ITC juga ditunjuk langsung ETS dalam penyelenggaraan tesnya. Di lembaga ini, tes berbasis iBT yang dilaksanakan tiap bulan. Biasanya dilakukan pada akhir pekan. Biaya yang kamu perlukan ialah 190 USD atau sekitar Rp2.5 juta. Cek infonya di itc-indonesia.com

4. Lembaga Bahasa Universitas Indonesia Kampus ini juga menjadi lembaga resmi tes TOEFL dari ETS. Kamu bisa ikut tesnya di Gedung X Lt.1 Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Depok atau di Gedung Rektorat Lama Kampus UI Salemba. Di sini juga nggak cuma test TOEFL aja loh, tapi juga IELTS. Cek webnya di lbifib.ui.ac.id

5. International Language Progams (ILP) Lembaga ini juga resmi loh, tapi hanya di beberapa cabang saja ya yang bisa. Contohnya ILP Bintaro, ILP Veteran, dan ILP Cikini.

So, bagi kamu yang memang berniat lanjut kuliah ke luar negeri atau hal lain yang berhubungan dengan kompetensi bahasa Inggris, segera tes ya! Perhatikan juga lembaga dan sertifikat yang dikeluarkannya nanti.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular