Follow Us

10 Fakta Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Yerusalem, Kota Suci Yang Lama Diperebutkan

Rizki Ramadan - Senin, 11 Desember 2017 | 09:30
Suasana Kota Yerusalem
Rizki Ramadan

Suasana Kota Yerusalem

HAI-online.com - Pernyataan Donald Trump yang mengakui bahwa Yerusalem adalab ibukota Israel disambut pro-kontra dari berbagai pihak. Untuk kamu yang belum tahu, HAI mau cerita tentang kota ini. Yerusalem merupakan salah satu kota tertua di dunia yang menjadi perebutan sejak ribuan tahun lalu. Selain itu, Yerusalem adalah kota suci bagi tiga agama besar, yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi. Berikut delapan fakta yang perlu kamu ketahui :

1. Yerusalem, kotanya Nabi Daud

Nabi Daud menjadikan kota Yerusalem sebagai pusat kerajaan dan keagamaan. Kemudian, Raja Sulaiman, putra Raja Daud, membangun kenisah Yahweh pertama di sini sekaligus menjadikan kota itu menjadi pusat agama Yahudi.

2. Pendudukan Romawi dan Bizantium

Yerusalem berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Romawi sejak 63 M. Perlawanan bangsa Yahudi mencetuskan perang pada 66 M, yang kemudian dimenangkan oleh Romawi. Kuil mereka di Yerusalem kembali mengalami aksi penghancuran. Romawi dan Bizantium menguasai Palestina selama 600 tahun.

3. Masa pendudukan Muslim

Di bawah pimpinan Kalifah Umar, tentara Muslim mengepung dan menguasai Yerusalem pada 637 M. Pada era pendudukan Muslim inilah, penguasa yang saling bermusuhan dan dari berbagai mazhab Islam silih berganti menguasai Yerusalem.

4. Perang Salib

Kekalifahan Seljuk sejak 1070 M terus meluaskan kekuasaan. Akibatnya, kaum Kristen merasa terancam yang memicu Paus Urban II mencanangkan Perang Salib. Dalam 200 tahun selanjutnya terjadi lima kali perang memperebutkan Yerusalem. Pada 1244 pasukan Kristen kalah total dari tentara Muslim yang kembali menguasai Yerusalem.

5. Kekaisaran Ottoman dan pendudukan Inggris

Setelah menaklukkan Mesir dan Arabia, Kekaisaran Ottoman memasukkan Yerusalem ke dalam wilayah hukumnya pada 1535 dan kota ini kembali mencapai kejayaannya nih. Namun, pada 1917 Inggris mengalahkan Kekaisaran Ottoman dalam Perang Dunia I. Palestina kemudian diduduki Inggris dan Yerusalem jatuh tanpa perlawanan.

6. Kota yang Terbelah

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular