Follow Us

Apa, Sih, Penyebabnya Ngiler Saat Tidur? Ini Jawabannya!

Fadli Adzani - Senin, 04 Desember 2017 | 02:15
Tidur Pulas
Fadli Adzani

Tidur Pulas

Siapa disini yang kalau tidur pernah ngiler? Rata-rata sih sebagian besar pasti pernah mengalaminya ya.

Terus, apa sih penyebabnya bisa terjadi ngiler saat tidur? Ternyata ada berbagai hal yang menjadi penyebabnya lho. Seperti yang kita ketahui, ngiler adalah mengeluarkan air liur dari mulut. Nah, dalam bahasa kedokterannya disebut dengan sialorrhea.

Saat tidur, otot tubuh kita menjadi rileks. Dalam keadaan seperti ini, mulut bisa terbuka tanpa kita sadari. Saat terbuka inilah air liur dapat keluar dari mulut dan menyebkan kamu menjadi ngiler.

Biasanya, ngiler dapat terjadi jika posisi tidur kita miring. Begitupun sebaliknya, ketika dalam posisi terlentang maka kemungkinan besar tidak akan ngiler.

Kenapa bisa begitu? Karena tidur dengan posisi terlentang akan membuat air liur terkumpul di dekat tenggorokan dan akhirnya tertelan.

Tapi kalau kamu sendiri biasanya tetep ngiler juga nggak nih saat posisi terlentang? Hehe...

Eits, ternyata ngiler juga dapat menandakan bahwa tubuh kita terindikasi dengan penyakit saluran pernapasan lho. Seperti sinus, alergi, amandel, dan lainnya. Oleh karena itu, kalau kamu selalu ngiler saat tidur dan merasa ada yang tidak beres dengan tubuhmu maka segera periksakan ke dokter ya guys!

(Penulis : Kalika Diah P.M)

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest