Follow Us

Siapa Sangka, Biji Karet yang Biasa Jadi Mainan Kita Dulu Ternyata Punya Manfaat Lain

Alvin Bahar - Senin, 27 November 2017 | 06:45
Biji karet
Alvin Bahar

Biji karet

HAI-ONLINE.COM - Tau kan apa itu biji karet? Yap, biji itu biasa jadi mainan kita pas masih kecil. Mainnya diadu dengan biji karet lainnya, siapa yang nggak pecah, dia yang menang.

Dari mana asalnya biji karet? Di daerah Jawa Barat banyak perkebunan karet. Salah satunya ada di Cianjur. Ada kisah menarik di sekitar perkebunan karet Cianjur itu.

Biji karet dikumpulkan dan dijual

Biji karet yang berserakan di tanah biasanya dijadikan alat bermain oleh anak-anak. Namun, ada juga anak-anak yang mengumpulkannya di dalam keranjang. Setelah penuh, biji karet itu akan dijual ke pengepul. Lumayan, uangnya bisa digunakan untuk menambah uang jajan.

Onde-onde biji karet
Diolah jadi minyak

Biji karet yang dikumpulkan pengepul akan dimasukkan ke pabrik untuk diolah. Biasanya, biji karet diolah menjadi minyak. Minyak biji karet bisa digunakan untuk pelumas cetakan dalam proses pembuatan genteng dan porselen. Selain dijadikan minyak pelumas, minyak biji karet juga bisa dijadikan bahan campuran untuk membuat cat.

Limbahnya pun bermanfaat

Pengolahan biji karet menjadi minyak karet pasti menghasilkan limbah. Limbah itu biasanya digunakan untuk pupuk tanaman. Selain dijadikan pupuk tanaman, limbah itu juga bisa dijadikan bahan campuran untuk makanan ternak.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Sedikit Kisah Tentang Biji Karet"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest