Follow Us

Facebook rilis Aplikasi Video Untuk Menyaingi YouTube. Bisa Apa Aja Nih?

Rizki Ramadan - Sabtu, 25 November 2017 | 08:15
Facebook for Creator
Rizki Ramadan

Facebook for Creator

HAI-online.com - Nampaknya, Facebook semakin serius dengan video berkualitas tinggi . karena beberapa hari yang lalu, Facebook meluncurkan aplikasi yang bernama Facebook For Creator yang berfungsi untuk mengedit dan berbagi video.

Facebook tentunya memasarkan aplikasi ini untuk para pembuat konten video yang saat ini jumlahnya sudah nggak bisa dihitung lagi dan dengan Facebook Creator ini, para pengguna Facebook bisa membuat sekaligus mempromosikan video buatan mereka sendiri.

Kalau diperhatikan, kayaknya Facebook berniat buat nyaingi YouTube sebagai kanal video terbesar sedunia saat ini. Tapi, kalau dilihat dari sisi sosial, jelas Facebook lebih kuat daripada YouTube.

Mau bersaing dengan Youtube, emangnya Facebook For Creator bisa apa aja sih? Ada setidaknya 3 fitur keren yang ngebuat Facebook percaya diri buat nyaingin YouTube.

Fitur yang pertama adalah Live Creator Kit. Para pengguna bisa mengunggah intro lagu atau opening video yang telah disediakan. Selain itu, pengguna Facebook juga bisa live dan membagikan video tanpa harus mengedit video terlebih dulu.

Facebook juga nggak lupa untuk menyediakan tombol reaksi untuk para penggunanya agar para pengguna Facebook yang mengunggah video bisa melihat reaksi teman-temannya.

Fitur keduanya bernama Unified Inbox. Kalau di YouTube, cara untuk berkomunikasi dengan sang creator yaitu dengan cara menuliskan pesan di kolom komentar. Facebook membuatnya lebih personal. Dengan fitur ini, kita bisa mengirimkan pesan bersifat privat langsung kepada pencipta video.

Selain itu, para pemilik kanal dapat menghapus komentar-komentar kasar di video mereka tanpa harus pindah ke media sosial lain.

Dan fitur yang terkahir adalah akses Facebook Camera dan berbagai Stories menggunakan Creator. Jadi, para pengguna bisa cross-posting Stories mereka ke aplikasi lain seperti Instagram.

Di dunia ini memang nggak ada yang sempurna, guys. Walaupun banyak kelebihan dengan fitur-fitur baru, tentunya Facebook For Creator punya kekurangan, yaitu pada aplikasi ini nggak ada fitur subscribe yang dimana akan berdampak pada monetasi dan pendapatan para pencipta video. Duh, kalo kekurangannya penting ini, HAI jadi ragu nih Facebook For Creator bakal nyaingin YouTube. Menurut kalian gimana?

Penulis : Dio Firdaus

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest