Follow Us

Berencana Daftar Ke Universitas Swasta Di Gelombang Awal? Perhatikan 4 Hal Penting ini Dulu

Dok Grid - Rabu, 20 Maret 2024 | 10:38
pameran pendidikan New Zeland
Rizki Ramadan

pameran pendidikan New Zeland

Masa perkuliahan masih jauh, tapi masa pendaftarannya sudah mulai dari sekarang. Bahkan dari kemarin-kemarin. Pasti di sekolah kamu juga udah banyak tuh poster-poster infonya. Tiap makan malam, ortu kamu pun sudah mulai ngebahas dan mulai merekemondasikanmu untuk ikut daftar.

Salah satu dilema besarnya adalah apakah harus daftar sekarang atau tetap coba dulu seleksi PTN?

Nah, untuk kamu yang udah mulai terpikir untuk daftar ke kampus swasta karena sudah mantap dengan tujuannya, maka ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan. Simak baik-baik. Kalau bisa, baca bareng orangtuamu.

BACA NIH: Cerita dari Pelajar SMA Yang Sudah Diterima di Kampus Swasta Walau UN Aja Masih Jauh.

Mesti Mantap Dengan Pilihannya

Yap, kalau kamu mau daftar ke kampus swasta di gelombang awal, kamu mesti yakin banget sama pilihanmu. Ada beberapa alasannya. Pertama, untuk daftar kuliah swasta, walau di gelombang awal, tetap butuh biaya pendaftaran. Kedua, diperlukan komitmen kita untuk menyelesaikan urusan administrasi dan mengikuti prosedur sebagai mahasiswa terdaftar.

Ketiga, ini yang nggak kalah penting, setelah terdaftar di kampus swasta, kamu akan mendapati banyak komentar dari teman-temanmu. Pak Maryono mengingatkan, “Biasanya orang di sekitar anak menjadi bertanya-tanya, mengapa anak tersebut mendaftar swasta saat ini dan nggak berharap pada negeri. Kamu harus bisa menjelaskan dengan alasan yang jelas dan mantap.” Yap, jangan gampang goyah, bro!

Jangan Karena Paksaan Orang Tua

Sementara bu Detty, Guru BK dari SMA Kolese De Britto Yogyakarta, menganggap mereka yang mendaftar kuliah sejak awal adalah mereka yang sudah punya tujuan jelas untuk hidupnya. Nah, tujuan itu mesti tetap dan mantap.

Bu Detty menyarankan, “Siswa mesti menyusun tujuan hidup yang jelas, setelah itu untuk mencapai tujuan tersebut pastinya kamu akan bertanggung jawab dan optimal dalam proses. Tujuan hidup sangat penting juga untuk mencegah adanya penentuan karir hanya berdasar pada ikut-ikutan atau motivasi-motivasi buruk lainnya. Juga jangan terlalu memaksakan kemampuan hanya karna alasan permintaan orang tua.”

Cari Tahu Akreditasinya. Pilih Yang Paling Tinggi

Penilaian akreditasi kampus itu nggak main-main, lho. Jadi, akreditasi bisa jadi tolok ukur kualitas kampus. So, saat daftar kuliah swasta, coba cari tahu dulu apa akreditasinya.

“Pilih universitas yang memiliki akreditasi A atau minimal B agar mudah dalam mencari pekerjaan,” kata Pak Maryono guru BK SMAN 1 Kasihan Yogyakarta

Yap, sebagian perusahaan saat seleksi karyawan sangat memerhatikan akreditasi kampus dari kandidatnya. “Ini juga berlaku di universitas negeri lho ya, jangan mencari universitas negeri yang memiliki akreditasi B dan prodi baru. Karena walaupun negeri, akreditasi juga berpengaruh,” lanjut Pak Maryono.

Jangan Gampang Kemakan Promosi dan Iming-iming Beasiswa

Jangan lupa, bro, universitas juga lembaga bisnis. Dari kita, konsumen, mereka akan mencari keuntungan. Nah, yang perlu diperhatikan adalah, kedua pihak mesti untung! Pokoknya, saat mau daftar di kampus swasta, baca baik-baik semua informasinya. Kalau dia bilang akan dapet beasiswa, cari tahu lagi jenis beasiswa apa yang akan didapat, apakah hanya potongan harga SPP, keringanan biaya masuk, atau beasiswa full. Terus, tanyain juga tuh skema jika kamu terpilih di PTN. Apakah ada kebijakan pengembalian uang? Lumayan banget, kan tuh!

Penulis:

Damian - SMA De Britto Yogyakarta

Brigitta - SMAN 1 Kasihan.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular