Follow Us

Ini Nih Lagu Pertama yang Sukses Direkam Manusia Pada Abad ke-18, Serem Dengernya!

Fadli Adzani - Jumat, 10 November 2017 | 00:00
Phonautograph
Fadli Adzani

Phonautograph

Musik merupakan bagian penting yang ada di dalam hidup manusia, namun, sebagai pencinta musik sejati, kalian pernah nggak, sih, berpikir siapa yang menciptakan alat rekam musik pertama kali di dunia? Dan lagu apa yang dia rekam untuk pertama kalinya? Dan seperti apa lagu itu?

Masyarakat dunia mempercayai bahwa Thomas Edison adalah orang pertama di dunia yang berhasil merekam suara, namun, setelah diteliti lebih lanjut, ternyata bukan Edison orangnya, melainkan Édouard-Léon Scott de Martinville, orang Perancis yang berprofesi sebagai penjual buku yang juga menciptakan alat bernama Phonautograph, alat pertama untuk merekam musik.

Phonautograph
Ya, Martinville menyanyikan sebuah lagu folk Perancis berjudul Au Clair de La Lune. Ketika menyanyikan lagu itu, mulutnya bernyanyi di dekat phonautograph, agar bisa terekam ke alat tersebut. Kejadian ini terjadi pada 19 April 1860. Kalian bisa bayangkan, pada saat itu, belum ada lagu yang direkam, hanya Martinville yang mencobanya.

Namun masalahnya, phonautograph hanya dapat merekam, namun tidak dapat memutar lagu yang direkam. Akhirnya, lagu itu tidak diputar sampai pada tahun 2008, dimana para peneliti dunia mulai mencari cara untuk memutar lagu yang telah direkam oleh Martinville pada satu abad lebih yang lalu!

Jadi, lagu yang terekam di dalam phonautograph itu diubah menjadi sebuah file audio ke dalam komputer. Awal mulanya, para peneliti mengira bahwa suara yang ada di dalam lagu itu adalah suara anak kecil atau cewek, namun ternyata, kecepatan lagu itu tertambah dengan sendirinya, yang akhirnya diperlambat oleh para peneliti itu, terdengarlah suara Martinville.

Apakah kalian punya nyali untuk mendengar lagu itu? Kalau iya, langsung dengar di bawah ini. Good luck!

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest