Follow Us

Ini Dia 8 Penyebab Munculnya Sariawan

- Kamis, 09 November 2017 | 08:15
Sariawan bikin susah makan, bro!
Hai Online

Sariawan bikin susah makan, bro!

HAI-ONLINE.COM – Semua orang rasanya pernah mengalami sariawan. Sariawan merupakan masalah umum pada mulut yang efeknya bisa sangat menyakitkan ketika tersentuh atau bergesekan dengan makanan.

Nggak cuma mengganggu selera makan, pada sariawan yang parah bisa menyulitkan seseorang untuk berbicara karena terasa sakit. Sebenarnya, apa penyebab munculnya sariawan? Seperti dikutip dari Boldsky.com, ini dia 8 penyebab munculnya sariawan.

Ketidakseimbangan hormonal

Ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan munculnya sariawan. Masalah ini biasanya lebih banyak dialami oleh cewek.

Stres

Nggak disadari, stres bahkan perasaan cemas bisa memicu munculnya sariawan di mulut. Begitu pula saat seseorang sering emosi atau menghadapi masalah yang belum ada jalan keluarnya.

Infeksi herpes simpleks

Herpes simpleks merupakan virus yang dapat menular secara langsung. Misalnya, melalui piring makan yang sama dengan orang yang terinfeksi herpes simpleks dan juga dari berciuman.

Alergi makanan tertentu

Memiliki alergi terhadap makanan tertentu bisa memicu sariawan. Beberapa orang mengalami sariawan ketika terlalu banyak makan pedas atau berminyak.

Anemia

Anemia disebabkan oleh menurunnya tingkat zat besi dalam darah. Anemia bisa menyebabkan mulut dan tenggorokan kering dan memicu sariawan.

Halaman Selanjutnya

Buruknya kesehatan gigi
1 2

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest