Follow Us

Hasil Riset Mengatakan, Kecerdasan Memang Menentukan Kekayaan

Alvin Bahar - Kamis, 09 November 2017 | 06:15
Bill Gates
Alvin Bahar

Bill Gates

Kecerdasan menentukan kekayaan. Seenggaknya itu yang kita lihat saat membaca daftar orang terkaya di dunia. Bill Gates masih berada di peringkat pertama.

Kenapa Bill Gates bisa lebih kaya daripada yang lainnya? Jika mengikuti hasil riset yang dilakukan oleh Jonathan Wai, seorang psikolog dan ilmuwan dari Duke University, AS, maka mungkin jawabannya adalah karena Gates lebih cerdas ketimbang orang-orang di bawahnya.

Masih nggak percaya kalau kecerdasan menentukan kekayaan? Cek deh nih hasil risetnya.

Cek Juga Bono Dinobatkan Sebagai Rockstar Terkaya

Fakta bahwa kecerdasan menentukan kesuksesan dan kekayaan

Memang nggak bisa dimungkiri, kesuksesan seseorang adalah buah dari kerja kerasnya. Bagi beberapa orang, kesuksesan juga diperoleh berkat faktor keberuntungan.

Namun, hasil riset Wai yang berjudul "Investigating America's Elite" menunjukkan bahwa tingkat kecerdasanlah yang jadi faktor penentu kesuksesan seseorang, terutama dalam hal kekayaan.

Riset Wai menyoroti hubungan antara kekayaan dan tingkat kecerdasan atau IQ (intelligence quotient) seseorang. Dari risetnya, dia membuat pengelompokan. Sebanyak 45 persen miliarder di AS berada dalam peringkat 1 persen paling atas pada daftar orang paling cerdas di negeri itu.

Sementara itu, kelompok-kelompok orang paling cerdas lainnya—yang punya IQ di bawah para miliarder itu—diisi oleh para senator, hakim federal, serta CEO dalam daftar Fortune 500 (daftar 500 perusahaan top di AS).

Hasil riset Wai, seperti dilansir oleh CNBC.com, juga menunjukkan bahwa di antara para miliarder itu, yang paling cerdas adalah mereka yang mendapatkan kekayaan dari bisnis teknologi dan investasi.

Kalau kita menilik daftar orang paling kaya versi Forbes, terutama tahun 2013, memang ada banyak miliarder berasal dari dunia TI. Selain Bill Gates dan Larry Ellison, beberapa miliarder TI yang paling kaya adalah Jeff Bezos (Amazon.com), serta Larry Page dan Sergey Brin (Google). Di bawah mereka, masih ada nama-nama lainnya.

Untuk risetnya, Wai memperhitungkan orang-orang cerdas yang sukses berdasarkan latar belakang pendidikan bagus. Mereka adalah lulusan dari perguruan tinggi elite di AS, yang memasang kualifikasi tinggi untuk menjaring para mahasiswanya.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Bill Gates Terkaya karena Cerdas?"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest