Follow Us

5 Tips Menabung Buat Kamu yang Kuliah Sambil Kerja

Alvin Bahar - Rabu, 08 November 2017 | 03:45
Gue Bisa Survive Kuliah Kok
Alvin Bahar

Gue Bisa Survive Kuliah Kok

HAI-ONLINE.COM - Ketika kamu bekerja sekaligus menjalani kuliah, ada dua faktor besar yang harus kamu kelola dengan baik: waktu dan uang. Yang jelas, ada banyak keuntungan yang akan dapat kamu peroleh ketika berhasil menjalani dua kehidupan seperti itu sekaligus dan lulus mendapatkan gelar yang kamu idamkan. Manajemen waktu merupakan salah satu tantangan besar yang harus kamu hadapi, jadi jangan lupa kasih tau pihak atasan di tempat kamu bekerja maupun pihak kampus tentang keadaan kamu yang bekerja sambil kuliah. Soal uang, ini beberapa tips menabung buat kalian yang kuliah sambil kerja:

Cek deh: 6 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Memutuskan untuk Kerja Sambil Kuliah

1. Siapkan sebagian penghasilan untuk disisihkan

Bagi kamu yang belum mulai menyisihkan penghasilan kamu, maka mulailah lakukan sekarang. Ini merupakan salah satu langkah dasar dalam membentuk setiap tabungan, seperti tabungan dana darurat ataupun tabungan pensiun.

Idealnya sih, kamu menyisihkan 10 persen hingga 20 persen per bulan. kalo bisa lebih, tentu akan lebih baik!

2. Coba cari beasiswa

Beasiswa merupakan salah satu usaha yang perlu dilakukan kalau kamu ingin memotong biaya kuliah. Namun, perlu diingat bahwa beasiswa bukanlah sesuatu yang mudah diperoleh oleh siapa saja. Selain itu, nggak semua kampus menyediakan beasiswa penuh.

Ada juga yang hanya memotong sebagian uang kuliah, sehingga tetap saja kamu perlu menyiapkan dana tabungan untuk kuliah.

3. Jalani hidup hemat

Agar tabungan kamu bisa bertambah lebih kencang, jalan lain yang bisa kamu lakukan adalah memotong pengeluaran kamu. Kamu bisa mencoba untuk mencari berbagai tips hidup hemat yang menyenangkan dan nggak mengganggu gaya hidup kamu.

Jangan lupa jadikan kuliah sebagai motivasi kamu hidup hemat agar kamu bisa disiplin menerapkannya sehari-hari!

4. Pertahankan performa di tempat kerja

Apapun yang terjadi, please, bersemangatlah di lingkungan kerja kamu yang sekarang. Kamu tentu akan mendapat insentif atau bonus yang lebih tinggi kalo kerja kamu bagus.

Bukan itu saja, saat kamu nantinya lulus kuliah, perusahaan bisa jadi memberikan penghargaan kepada kamu berupa promosi dan kenaikan gaji karena kualitas pekerjaan kamu semakin baik. Ya nggak?

5. Rintis usaha sampingan

Langkah terakhir untuk mempercepat tabungan kamu terisi, ya tentunya dengan menambah sumber pemasukan. Salah satu caranya adalah dengan membuka usaha sampingan bermodal kecil, seperti bisnis catering atau bisnis gerobak makanan.

Untuk bisnis dengan skala yang nggak terlalu besar, modal yang perlu kamu keluarkan bahkan nggak perlu hingga tembus Rp 10 juta kok. Bisa kan?

source: Kompas.com/Halo Money/Tribunnews

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest