Follow Us

Hasil Riset: Pendengar Spotify di Indonesia Cenderung Peka Terhadap Teknologi

Alvin Bahar - Kamis, 02 November 2017 | 07:30
Spotify
Alvin Bahar

Spotify

HAI-ONLINE.COM - Tren mendengarkan musik terus bergeser seiring dengan waktu, mulai dari vinyl, CD, download, hingga online streaming. Saat ini, streaming platform dan perangkat seluler dapat membawa musik kepada pendengar sepanjang hari, apapun aktivitas mereka, jadikan audio sebagai pendamping yang konstan. Setuju nggak?

Untuk menyelidiki tren yang selalu berubah ini, Spotify meminta TNS, sebuah perusahaan riset pasar global, untuk membandingkan jangkauan radio tradisional dengan streaming musik.

Dengan ukuran sampel lebih dari 1.000 responden di Indonesia dan dibandingkan dengan lebih dari 15 jaringan radio, data dari TNS menemukan bahwa orang Indonesia kini mendengarkan musik lewat streaming jauh lebih banyak daripada sebelumnya. Mereka menghabiskan rata-rata 162 menit per hari di aplikasi Spotify, dan telah melakukan streaming senggaknya 4 miliar lagu sejak diluncurkan pada tahun 2016.

Cek deh: Ayo, Ketahui Karakter Stranger Things Mana yang Cocok Denganmu Lewat Situs dari Spotify Ini

Berdasarkan studi dari TNS, Spotify dipandang sebagai sebuah platform pelengkap ke stasiun radio dikarenakan aplikasi streaming memberikan jangkauan rata-rata tambahan yang unik sebesar 19,5% untuk pendengar berusia antara 25-64 tahun.

Ketika melihat data lebih lanjut, hasil menunjukan bahwa Spotify memberikan peningkatan incremental sebesar 25,8% pada mereka yang berusia antara 15-24 tahun. Ini menunjukan tentang bagaimana streaming musik sekarang merupakan bagian yang nggak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari bagi orang Indonesia.

Beberapa poin-poin penting dari studi The New Audio:

● Pengguna Spotify adalah orang yang peka terhadap teknologi, dan lebih cenderung untuk membuat keputusan pembelian yang lebih tepat berdasarkan review dan tanggapan secara online.

● Pendengar Spotify melakukan streaming musik sepanjang hari, sementara pendengar radio mendengarkan radio pada waktu menempuh perjalanan, membuat Spotify berjalan seiring dengan radio tradisional.

● Pengguna Spotify 10% cenderung berbelanja online untuk peralatan elektronik, pakaian, headphones, speaker, konsol game, dan online game.

"Kami sangat antusias untuk melihat bagaimana pendengar musik beralih ke Spotify untuk konsumsi musik mereka. Karena setiap orang memiliki selera dan preferensi musik yang berbeda, musik yang didengarkan oleh pengguna kami dapat menghubungkan tentang siapa mereka, bagaimana perasaan mereka, di mana mereka berada, dan apa yang telah mereka alami. Mengingat bahwa orang-orang terlibat dengan Spotify sepanjang hari, kami memiliki kemampuan untuk menemukan wawasan yang lebih dalam yang menguntungkan pengiklan, "kata Sea Yen, Ong, Vice President of Sales untuk Spotify Asia.

Ong menambahkan: "Ini adalah tren yang akan membantu pemasar dan pengiklan agar targetnya lebih terfokus namun benar-benar detail mengenai dimana, kapan, dan bagaimana audiens Anda mendengarkan. Seperti yang ditunjukan oleh studi TNS ini, kami dapat berbagi wawasan tentang khalayak unik yang nantinya akan melengkapi jangkauan stasiun radio tradisional.”

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest