Follow Us

5 Kiper Pemegang Rekor Clean Sheet Liga Top Eropa, Masih Ada yang Aktif Bermain Lho

Alvin Bahar - Jumat, 20 Oktober 2017 | 07:00
Buffon
Alvin Bahar

Buffon

HAI-ONLINE.COM - Posisi kiper dalam sepak bola, ibarat pertahanan terakhir yang mengawal jala gawang. Mereka harus punya kesigapan dan reflek bagus dalam menangkis setiap tendangan lawan. Kalo penyerang dapet nilai lebih ketika nyetak gol, kiper dapet pujian saat clean sheet. Istilah clean sheet atau nggak kebobolan, biasanya sering dikaitkan dengan para kiper. Clean Sheet tentu jadi sebuah kebanggan tersendiri, apalagi bila sang kiper bisa pertahaninnya secara berturut-turut dalam waktu yang cukup lama. Rekor clean sheet terpecahkan, dan reputasi sang kiper pasti akan meningkat drastis. Sejarah liga-liga top Eropa pun, pernah mencatatkan beberapa kiper yang berhasil meraih rekor cleansheet terlama itu. Nama-nama besar tentunya menghiasi daftar rekor tersebut. Berikut ulasannya!

Cek deh: 10 Tokoh Sepak Bola Ini Ternyata Penggemar WWE 1. Gaetan Huard (Girondins Bordeaux) 1.176 menit - Ligue 1 Prancis

Gaetan Huard
Wajar bila namanya terdengar asing, sebab Gaetan Huard sudah lama pensiun dari dunia sepak bola sejak 1997 silam. Meskipun begitu, ialah sosok yang sampai saat ini masih memegang rekor clean sheet terlama di Liga Prancis dengan catatan 1.176 menit berturut-turut tanpa kebobolan. Ya, Huard mencetak rekor tersebut pada musim 1992/1993 saat ia masih bermain bersama Girondins Bordeaux.

2. Timo Hildebrand (Vfb Stuttgart) 884 menit - Bundesliga Jerman

Namanya sempat begitu mencuri perhatian publik sepak bola, setelah Timo Hildebrand berhasil memecahkan rekor cleansheet terlama di Bundesliga pada musim 2003/2004 silam. Ia mencatatkan 884 menit berturut-turut tanpa kebobolan bersama klubnya Vfb Stuttgart. Sampai sekarang, belum ada kiper lain yang bisa memecahkan rekor ini. Meskipun begitu, saat masa jayanya, Hildebrand gagal jadi penjaga gawang nomor satu di timnas Jerman. Ia selalu jadi pilihan ketiga di bawah dua seniornya, Oliver Kahn dan Jens Lehmann.

3. Abel Resino (Atletico Madrid) 1.275 menit - La Liga Spanyol

Bukan baru-baru ini saja, Atletico Madrid nampaknya sudah sedari dulu merusak dominasi Barcelona dan Real Madrid di La Liga Spanyol. Buktinya pun ada dalam diri Abel Resino, mantan kiper Atletico pada periode 1986 sampai 1995 silam. Ya, bersama Atletico musim 1990/1991, Resino jadi kiper dengan rekor clean sheet terlama di La Liga. Ia menorehkan 1.275 menit secara berturut-turut tanpa kebobolan.

4. Gianluigi Buffon (Juventus) 974 menit - Serie A Italia

Dianggap jadi salah satu kiper terbaik yang pernah menghiasi dunia sepak bola, Gianluigi Buffon tentu juga meraih prestasi gemilang bersama klub-klub yang pernah dibelanya. Bersama Juventus, Buffon bukan hanya sering mempersembahkan gelar juara, tapi ia juga berhasil memecahkan rekor clean sheet terlama di Liga Serie A Italia. Musim 2015/2016 lalu, Buffon menorehkan 974 menit berturut-turut tanpa kebobolan. Hal ini sekaligus menggeser raihan sebelumnya, yaitu milik Sebastiano Rossi yang telah bertahan selama 22 tahun.

5. Edwin Van Der Sar ( Manchester United) 1.311 menit - Premier League Inggris

Memasuki usia yang kian senja, kemampuan Edwin Van Der Sar dalam mengawal gawang malah jadi semakin bertambah hebat. Ya, musim 2008/2009 lalu, Van Der Sar yang telah berusia 39 tahun, berhasil memecahkan rekor clean sheet terlama di Liga Inggris. Ia meraih hal tersebut bersama Manchester United dengan catatan 1.311 menit berturut-turut tanpa kebobolan. (Tomy)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest