Follow Us

4 Akun Komik di Instagram Ini Nggak Hanya Kocak, Tapi Juga Penuh Kritik Sosial

Alvin Bahar - Kamis, 19 Oktober 2017 | 06:00
Komikazer
Alvin Bahar

Komikazer

HAI-ONLINE.COM - Indonesia, dengan segala hiruk-pikuknya, menjadi inspirasi bagi komikus tanah air. Karya-karya mereka sedikit banyak menyisipkan kritik sosial berbau guyonan yang menggelitik sekaligus miris.

Terlebih di era internet, kritik sosial lewat komik strip digital semakin meluas. Penikmatnya tak cuma kalangan pecinta komik, tapi seluruh netizen yang merasa relevan dengan paparan komik-komik itu.

Nextren menemukan empat akun komik digital di Instagram yang digandrungi netizen. Selain kritik sosial, komik-komik itu juga menceritakan realitas sehari-hari yang lumrah kita alami.

Sebelum Kimi No Na Wa Tayang, Udah Ada Komik Dengan Cerita Serupa di Indonesia

1. Si Juki

Komik buatan Faza Ibnu Ubaidillah alias Faza "Meonk" ini menceritakan keseharian karakter bernama "Juki". Sama halnya dengan kita, Juki adalah remaja Indonesia yang optimis walau sering galau. Kesedihan Juki kerap dimaknai sebagai candaan bagi penikmatnya.

2. Tahilalats

Komik strip yang satu ini dibuat komikus Nurfadli Mursyid. Berbeda dengan Si Juki, Tahilalats tak punya tokoh sentral. Ia sering membahas kegalauan-kegalauan percintaan, maupun sikap-sikap masyarakat Indonesia yang khas.

3. Komik Faktap

Eksis sejak Juni 2015, Komik Faktap disambut dengan antusiasme tinggi netizen. Kini, komik tersebut sudah mengumpulkan lebih dari 25 ribu pengikut. ak terbatas di Instagram, Komik Faktap juga aktif di Twitter dan Facebook. Pembuatnya, Iskandar, sering memuat polemik dunia politik lewat karya-karya komiknya. Contohnya saat insiden peledakan bom Sarinah, Komik Faktap pun membuat komik satire mengisyaratkan bahwa masyarakat Indonesia tak takut ancaman terorisme.

4. Komikazer

Si Papi...

Komik buatan Reza Mustar alias Azer ini menokohkan beberapa karakter dalam komiknya. Salah satunya dirinya sendiri yang digambar dengan atribusi kacamata dan tato pada lengan kanan. Komik-komik Azer kerap mengkritik sikap netizen di tengah tren media sosial. Misalnya, netizen yang mengalami "fear of missing out" atau takut ketinggalan informasi. Ada juga penggambaran tentang netizen yang merasa wajib mengunggah apapun yang dilihat dan dialami agar seluruh jagat maya tahu.

Editor : Alvin Bahar

Latest