Follow Us

Nggak Nyangka! Ternyata Everest Bukan Gunung Tertinggi di Dunia

- Sabtu, 10 Februari 2018 | 07:02
Ternyata, Everest Kalah Tinggi....
Hai Online

Ternyata, Everest Kalah Tinggi....

HAI-Online.com - Fakta yang satu ini emang cukup mengangetkan, sih. Untuk semua orang yang dengan gagah berani mendaki Gunung Everest dengan tujuan mencapai puncak gunung tertinggi di dunia, tampaknya telah melakukan hal sia-sia. Sebenarnya mereka tidak mendaki gunung tertinggi di dunia.

HAI dapet informasi dari National Geographic Indonesia, yang melansir temuan para ilmuwan. Kata mereka, Everest itu sebenarnya dikalahkan oleh Chimborazo, gunung di Ekuador. Tetapi pada metrik tradisional, Everest tetap menang: hampir 9.000 meter di atas permukaan laut, ribuan meter lebih tinggi dibanding saingannya.

Tetapi Everest bukan benar-benar gunung tertinggi, atau yang terdekat dengan ruang angkasa. Justru Chimborazo-lah yang menduduki dua posisi tersebut. Everest hanya menang bila diukur dari permukaan laut. Tetapi jika diukur dari pusat Bumi, Chimborazo menang dengan mudah, bahkan Everest nggak akan masuk dalam 20 gunung tertinggi.

Baca Juga: Salut! Oliver Sykes dan Jordan Fish Naik Gunung Kilimanjaro untuk Amal

Mengapa demikian?

Ternyata semua itu terjadi karena bentuk Bumi nggak bulat sempurna, tetapi pepat di bagian atas dan bawah, serta menonjol di bagian tengah.

Bentuk itu memberikan keuntungan bagi semua gunung yang berada di sepanjang garis khatulistiwa. Chimbarazo merupakan salah satu yang mendapatkan keuntungan itu karena terletak dekat sekali dengan bagian tengah Bumi yang menonjol. Sementara itu, Everest berada sekitar sepertiga bagian di atasnya.

Dilansir dari The New York Times, pendakian Eveerest baru-baru ini yang dilakukan oleh pendaki dari Institut de Recherche pour le Développement di Perancis menemukan bahwa Everest sebenarnya 15 kaki lebih pendek dari yang diketahui sebelumnya.

Everest juga bukan gunung tertinggi jika diukur menggunakan model pengukuran lain. Gunung Mauna Kea di Hawaii lebih besar dan tinggi daripada Everest jika diukur dari bawah ke atas. Tetapi karena bagian bawah dan hampir seluruh bagian gunung Mauna Kea berada di dalam laut, tentu gunung ini nggak bisa menandingi Everest dalam memecah rekor gunung tertinggi di dunia ketika pengukurannya berkaitan dengan permukaan laut.

Baca Juga: Ini Dia 6 Fakta yang Ada di Dasar Laut Terdalam di Dunia

Kemasyhuran Everest mencuat karena itulah gunung tertinggi jika diukur dari permukaan laut sekaligus salah satu yang tersulit untuk didaki. Chimborazo relatif mudah untuk didaki, hanya butuh waktu dua minggu, sementara butuh waktu sekitar dua bulan untuk mencapai puncak Everest.

Hmm…, jadi, naik gunung ke mana, nih, kita?

Artikel ini pertama kali ditayangkan di National Geographic Indonesia, dengan judul artikel Everest Bukan Gunung Tertinggi di Dunia

Source : http://nationalgeographic.co.id/

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular