Follow Us

Nggak Usah Takut, Ini 5 Penyebab Utama Motor Mogok dan Cara Mengatasinya

- Rabu, 07 Maret 2018 | 11:27
Motor mogok
Hai Online

Motor mogok

HAI-online.com - Selain macet, salah satu hal yang bisa bikin kita bête di tengah jalan adalah motor yang bermasalah apalagi sampe mogok di tengah jalan. Biasanya, sih, ada 5 penyebab motor mogok.

Kalo udah mogok, biasanya kita bakal panik. Soalnya, kita nggak ngerti-ngerti amat soal mesin. Udah gitu di dekat lokasi kita mogok nggak ada bengkel satu pun. Makin jadi, deh!

Tapi nggak usah sedih. Buat yang nggak terlalu tau tentang jeroan motor yang paling sering jadi penyebab mogok, nggak perlu takut. HAI bakal pandu, nih! Ini dia 5 penyebab utama motor mogok dan cara mengatasinya.

Busi

Busi
Jangan anggap remeh part yang satu ini. Meski ukurannya kecil, tapi, kemampuannya, cing! Hehehe…. Busi termasuk salah satu part yang penting buat motor dan juga part yang paling sering jadi penyebab mogoknya motor kita.

Akay, mekanik dari Malino Motor di kawasan Manggarai, mengatakan bahwa busi yang bermasalah biasanya membuat motor jadi brebet. Selain itu, knalpot yang “nembak” jadi satu gejala yang diakibatkan oleh busi yang bermasalah.

“Kalau masih brebet doang, sih, kita bisa bersihin pakai sikat kawat. Biasanya itu busi yang kotor, jadi tinggal bersihin aja. Kalau udah kejadian mogok, keramik businya diketok aja, dipecahin. Biasanya abis itu langsung nyala. Tapi, jangan lupa juga buat diganti lagi businya,” papar Akay menjelaskan.

BACA JUGA Ini Dia Tampilan Motor Terberat di Dunia! Berani Coba?

Karburator

Karburator
Selain busi, karburator juga jadi salah satu “langganan” penyebab terjadinya motor mogok. Menurut Akay, biasanya motor mogok yang diakibatkan oleh karbu terjadi karena aliran bensin yang terseumbat. Sehingga membuat motor jadi tersendat lajunya. Kalau sudah parah, motor akan langsung mati.

“Kita bongkar karbunya dan cari spuyer. Kita bersihin spuyernya, cek juga pelampungnya. Biasanya, sih, cuma karena kotor ketutup sama debu atau pasir aja. Bersihin, beres, deh, masalahnya,” tambah Akay.

Kepala Busi

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular